x

Mundur Mengejutkan dari Singapore Open 2023, Ada Apa dengan Kento Momota?

Kamis, 1 Juni 2023 13:25 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Jepang, Kento Momota, memutuskan mundur dari Singapore Open 2023. Lalu, apa penyebabnya mundur?

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Jepang, Kento Momota, memutuskan mundur dari Singapore Open 2023. Lalu, apa penyebabnya mundur?

Seperti diketahui, gelaran turnamen bulutangkis level super 750 yakni Singapore Open 2023 dihelat pada 6 hingga 11 Juni mendatang.

Singapore Open sendiri menyuguhkan hadiah fantastis sebesar 850.000 dolar atau setara Rp12,7 miliar yang bakal diperebutkan para pebulutangkis papan atas dunia.

Namun, kabar mengejutkan datang dari mantan peringkat 1 di ranking BWF, Kento Momota yang memutuskan mundur dari Singapore Open 2023.

Kabar ini disampaikan akun Twitter resmi Asosiasi Bulutangkis Jepang (NBA) yang menyebut alasan mundurnya Momota karena cedera.

Baca Juga

Pengumuman partisipasi atlet ke turnamen utama. Kento Momota batal tampil di Thailand Open dan Singapore Open karena alasan cedera punggung bagian bawah,” cuit NBA.

Ya, bukan kali pertama bagi Kento Momota menderita cedera punggung dan memaksanya absen di beberapa turnamen bulutangkis.

Baca Juga

Terakhir, tunggal putra Jepang itu menderita cedera punggung di Kejuaraan Dunia 2021 dan ia absen tiga bulan hingga akhirnya kembali berlaga di German Open 2022.

Sementara itu, di Singapore Open sendiri, Momota dijadwalkan akan menghadapi tunggal putri China, Li Shifeng di babak pertama.

Li Shifeng sendiri memang jauh lebih diunggulkan dari Momota yakni berhasil meraih kemenangan di turnamen sebelumnya, German Open 2023.

Baca Juga

1. Lika-liku Karier Momota

Pebulutangkis asal Jepang, Kento Momota.

Diketahui, Kento Momota sendiri dikenal sebagai penguasa ranking BWF pada masanya dengan bertengger di peringkat 1 dunia selama 121 pekan.

Pebulutangkis andalan Jepang itu juga berhasil menorehkan prestasi gemilang di bulutangkis seperti Juara Dunia 2018 dan 2019 hingga Juara Asia 2018 dan 2019.

Di turnamn BWF World Tour, Momota sukses mengoleksi 15 gelar dan 6 runners-up beberapa turnamen di antaranya adalah All England hingga Indonesia Open.

Namun, performa mantan peringkat satu ranking BWF itu semakin anjlok usai mengikuti Malaysia Masters 2020 usai mengalami kecelakaan.

Momota harus masuk ke meja operasi soket mata kanan usai kecelakaan tragis di Kuala Lumpur. Sehingga ia harus absen di beberapa turnamen.

Baca Juga

Usai absen panjang, tunggal putra yang absen di Singapore Open 2023 kembali berlaga di All England 2021. Namun, ia hanya mampu melaju hingga perempat final usai takluk dari Lee Zii Jia.

Kendati demikian, Kento Momota masih bisa mencicipi podium juara yakni di Indonesia Masters 2021 usai mengalahkan Anders Antonsen di final.

Baca Juga

Sementara itu, performa Momota semakin menurun di 2022 yakni hanya mempu keluar sebagai runner-up di turnamen bulutangkis Malaysia Open.

Oleh sebab itu, usai memutuskan mundur di Singapore Open 2023, agaknya berat bagi Kento Momota mengunci tiket Olimpiade Paris 2024.

Pasalnya, persaingan tunggal putra Jepang semakin sengit. Yakni ada Kodai Naraoka, Kenta Nishimoto dan Kanta Tsuneyama yang saat ini jauh lebih unggul dari pebulutangkis peringkat 32 ranking BWF itu.

Baca Juga

Sumber: Twitter @BadmintonPublic

JepangKento MomotaBulutangkisSingapore OpenBerita Bulutangkis

Berita Terkini