x

Pramudya/Yeremia Keok, Indonesia Terancam Kehabisan Wakil di Australia Open 2023

Jumat, 4 Agustus 2023 12:34 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan tembus 16 besar di Kore Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Indonesia belum memiliki wakil di semifinal Australia Open 2023 menyusul kekalahan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dari jagoan Jepang.

Ajang bulutangkis Australia Open 2023 memasuki perempat final di Quay Centre, Sydney, Australia,pada Jumat (4/8/23). Empat wakil Indonesia dijadwalkan bertanding, termasuk Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Baca Juga

Menghadapi mantan ganda putra nomor satu dunia, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Pramudya/Yeremia tak berkutik dan menyerah dengan skor 6-21. 16-21.

Hasil ini membuat Indonesia untuk sementara belum memiliki wakil yang lolos ke semifinal Australia Open 2023. Sebelumnya, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juga tersingkir.

Sejak gim pertama dimulai, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan sudah terlihat kalah kelas. Mereka langsung tertinggal 3-0 di awal gim, yang membuat mereka kehilangan momentum.

Situasi ini dimanfaatkan oleh Hoki/Kobayashi. Mereka bahkan sempat dua kali merebut delapan angka beruntun untuk menyudahi gim pertama dengan keunggulan 21-6.

Baca Juga

Pramudya/Yeremia mencoba memberikan perlawanan pada gim kedua. Beberapa kali, mereka berhasil menyamakan kedudukan. Namun, mereka masih tertinggal 10-11 saat interval.

Usai jeda, Hoki/Kobayashi kembali menunjukkan taring mereka. Tak butuh waktu lama, wakil Jepang ini meraih match point saat kedudukan 20-15.

Pintu Pramudya/Yeremia untuk melaju ke semifinal pun resmi tertutup usai mereka takluk 16-21 di gim kedua. Indonesia pun masih belum memiliki wakil di semifinal Australia Open 2023.

Harapan kini ada di puncak Fajar Alfian/Rian Ardianto dan Anthony Ginting, yang menjadi dua wakil Indonesia terakhir yang bertanding pada perempat final hari ini.

Baca Juga

1. Indonesia Masih Belum Punya Wakil

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Japan Open 2023. (Foto: PBSI)

Sebelumnya, pasangan ganda campuran, Rinov/Pitha, juga tersingkir di babak perempat final Australia Open 2023. Mereka takluk atas pasangan kualifikasi, Cheng Xing/Chen Fanghui, asal Cina.

Tak tanggung-tanggung, Rinov/Pitha takluk dalam dua gim langsung yang berakhir dengan skor 16-21, 16-21.

Baca Juga

Tersingkirnya Rinov/Pitha dan Pramudya/Yeremia membuat Indonesia kini tinggal berharap pada dua wakil lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Anthony Sinisuka Ginting.

Kebetulan, keduanya berstatus unggulan teratas turnamen, sehingga peluang untuk lolos ke semifinal lebih besar.

Apesnya, baik Ginting maupun Fajar/Rian akan sama-sama menghadapi pemain unggulan pada babak perempat final hari ini.

Ginting ditantang unggulan keenam asal India, Prannoy H. S., sedangkan Fajar/Rian sudah dinanti Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Baca Juga

Meski demikian, Ginting dan Fajar/Rian tak perlu khawatir berlebihan. Pasalnya, mereka memiliki keunggulan dibandingkan lawan mereka dalam hal rekor pertemuan.

Ginting diketahui telah empat kali bertemu dengan Prannoy H. S. dan mencatat dua kemenangan. Namun, dalam pertemuan terakhir di All England 2023, Ginting berhasil memetik kemenangan.

Sementara itu, Fajar/Rian memiliki rekor tiga kemenangan dalam lima pertemuan dengan Kang/Seo sejauh ini. Situasi ini membuat mereka berada di atas angin.

Publik Tanah Air tentu berharap Ginting dan Fajar/Rian mampu memetik kemenangan dan menyelamatkan muka Indonesia pada pertandingan hari ini. 

Baca Juga
Australia OpenBulutangkisBerita BulutangkisPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanAustralian OpenHasil BadmintonHasil Bulutangkis

Berita Terkini