x

Atlet Bulutangkis dengan Servis Paling Unik, Ada 2 dari Indonesia

Rabu, 23 Agustus 2023 14:22 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Sejumlah atlet bulutangkis dunia memiliki teknik servis paling unik nan mematikan, dan dua di antaranya dari Indonesia yakni Fitriani dan Greysia Polii.

INDOSPORT.COM – Sejumlah atlet bulutangkis dunia memiliki teknik servis paling unik nan mematikan, dan dua di antaranya dari Indonesia yakni Fitriani dan Greysia Polii.

Melansir dari laman Flypower, servis merupakan pukulan awal dalam permainan  bulutangkis, di mana saat seorang pemain melakukan pukulan ini, pertanda permainan dimulai.

Servis bulutangkis juga ada banyak macamnya, mulai dari servis backhand, forehand, flick, smash, mendatar, dan pendek.

Untuk melakukan servis, semua ada ada triknya. Karena sedikit melenceng pukulannya, servis bulutangkis bisa berujung boomerang dan poin pindah untuk lawan.

Pada intinya, servis menjadi pukulan bulutangkis yang sangat krusial jika tidak dilakukan dengan benar.  Maka tak mengherankan jika muncul fenomena sejumlah atlet dengan servis unik.

Baca Juga

Beberapa atlet bulutangkis yang disebut-sebut memiliki servis unik yakni Greysia Polii, Fitriani, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, dan Choi Sol-gyu.

1. Greysia Polii

Legenda ganda putri bulutangkis Indonesia, Greysia Polii, menambah deret atlet yang dianggap memiliki servis paling unik.

Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu lebih sering menggunakan servis forehand. Pasalnya, servis jenis ini sebenarnya sudah semakin langka dipakai oleh pemain ganda.

Biasanya pemain ganda bulutangkis lebih banyak yang menggunakan servis backhand. Apa bedanya kedua servis tersebut? Sesuai namanya, servis backhand adalah teknik pukulan yang membuat shuttlecock tipis-tipis melewati net.

Baca Juga

Sementara servis forehand membuat adalah teknik pukulan yang membuat shuttlecock melewati net dengan lebih tinggi dan jika tanggung bisa langsung berbuah smash lawan.

Greysia Polii sebenarnya seperti ganda putri lain yang lebih banyak menggunakan servis backhand. Hanya saja dia mengubah teknik servis setelah mengalami cedera bahu.

2. Fitriani

Selain Greysia Polii, atlet tunggal putri Indonesia, Fitriani, juga masuk deretan yang memiliki teknik servis paling unik di bulutangkis.

Fitriani dikenal memiliki servis lob mirip legenda Susy Susanti. Pukulan lob sendiri merupakan jenis servis untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lawan.

Gaya servisnya yang unik itu membuat Fitriani kerap tertangkap kamera bak penari hinggai disebut ‘Nyai’ oleh kalangan Badminton Lovers.

Baca Juga

1. Servis Unik Bulutangkis

Ada sosok ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang memiliki servis unik bulutangkis.

3. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty

Menyusul Greysia Polii dan Fitriani, ada sosok ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang memiliki servis unik bulutangkis.

Ganda putra ranking dua dunia itu dikenal memiliki servis raket goyang yang konon mengadopsi metode dari legenda Denmark sekaligus pelatihnya, Mathias Boe.

Untuk melakukannya, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty selalu menggoyangkan raketnya ke kanan dan ke kiri. Usut punya usut, hal ini dilakukan untuk memecah konsetrasi lawan.

Tak jarang karena tekniknya yang butuh waktu cukup lama ini, servis dari Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty juga dianggap ‘mendelay’ permainan.

Bahkan di kalangan Badminton Lovers, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dikenal sebagai ‘king of delay’ atau raja delay.

Baca Juga

Meski demikian, servis raket goyang tersebut agaknya cukup mempan dan memberikan kontribusi positif bagi karier Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Terbukti saat ini ranking BWF Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty telah melonjak drastis ke posisi dua dunia sektor ganda putra.

Baca Juga

4. Choi Sol-gyu

Seperti Fitriani, Greysia Polii, dan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, sosok pebulutangkis tampan Korea Selatan, Choi Sol-gyu, dianggap memiliki servis unik.

Di kalangan Badminton Lovers, Choi Sol-gyu memiliki servis delay. Untuk melakukannya, dia butuh waktu lebih dari lima detik sebelum benar-benar memukul shuttlecock.

Hal tersebut membuat lawan kesal dan tak jarang berbuah peringatan dari wasit meskipun tidak ada aturan khusus soal durasi atlet melakukan servis.

Jika mau diurai, teknis servis delay ala Choi Sol-gyu itu juga pernah dilakukan oleh legenda bulutangkis Denmark, Christinna Pedersen.

Namun apapun itu kini Choi Solgyu telah meroket kariernya sebagai ganda putra papan atas ranking BWF bersama Kim Won-ho.

Baca Juga
Greysia PoliiFitrianiTRIVIABulutangkisSatwiksairaj Rankireddy/Chirag ShettyChoi Sol-gyuBerita BulutangkisIndepth

Berita Terkini