x

3 Pasangan Bulutangkis Indonesia yang Berstatus Suami Istri, Ada Pasangan Fenomenal

Selasa, 26 September 2023 12:48 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Pasangan eks pebulutangkis, Maria Febe dan Andrei Adistia.

INDOSPORT.COM – Ada tiga pebulutangkis Indonesia yang berstatus suami istri, salah satunya pasangan fenomenal Alan Budikusuma dan Susy Susanti.

Bulutangkis menjadi olahraga paling populer di Indonesia, dan memiliki sejumlah keunikan yang tak bisa dimiliki oleh cabor lain seperti sepak bola.

Baca Juga

Salah satunya adalah di cabor bulutangkis ada pemain yang merupakan suami istri yang saling memberikan dukungan di atas lapangan.

Bahkan di antaranya merupakan pasangan fenomenal dan mampu menyumbang prestasi-prestasi gemilang di dunia olahraga.

Salah satu yang paling dikenang ialah pasangan Alan Budikusuma dan Susy Susanti yang merupakan peraih medali emas di Olimpiade Barcelona.

Namun ada pasangan lainnya selain Alan dan Susy, bahkan mereka merupakan pasangan di nomor ganda campuran.

Baca Juga

Mereka saling bahu membahu di atas lapangan untuk meraih kemenangan dan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Prestasi mereka juga tak main-main karena beberapa kali sukses menggondol juara dengan statusnya sebagai suami istri.

Tak perlu berlama-lama, berikut tiga pebulutangkis Indonesia yang berstatus sebagai suami dan istri di atas lapangan:

Baca Juga

1. 3 Pasangan Bulutangkis yang Berstatus Suami Istri:

Susy Susanti dan Alan Budikusuma, tokoh legendaris bulutangkis Indonesia.

Alan Budikusuma dan Susy Susanti

Nama Alan Budikusma dan Susy Susanti tentu taka sing ditelinga masyarakat karena keduanya merupakan peraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992.

Alan Budikusuma sendiri menjadi juara di nomor tunggal putra, sedangkan Susy Susanti meraih medali emas di nomor tunggal putri.

Baca Juga

Menghimpun dari berbagai informasi, kisah cinta keduanya berawal dari Pelatnas PBSI pada tahun 1985, dan berkembang karena kerap bertemu saat latihan.

Hubungan ini sempat menemui tentangan dari keluarga kedua belah pihak, karena takut menganggu performa mereka di atas lapangan.

Namun nyatanya keduanya mampu mencatatkan sederet prestasi, termasuk gelar prestisiusnya di ajang Olimpiade Barcelona.

Setelah meraih gelar paling bergengsi, keduanya juga dijuluki sebagai pasangan emas karena berhasil mengawinkan dua medali emas tersebut.

Baca Juga

Setelah lama berpacaran, Alan Budikusuma dan Susy Susanti akhirnya menikah pada tahun 1997, yang digelar di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan.

Pernikahan Alan Budikusuma dan Susy Susanti sendiri disebut menghabiskan dana senilai Rp1 miliar dengan beberapa dekorasi mewah termasuk gaun yang dikenakannya.

Andrei Adistia dan Maria Febe

Andrei Adistia dan Maria Febe merupakan pasangan ganda campuran yang statusnya sebagai suami istri di atas lapangan.

Andrei Adistia/Maria Febe saat itu juga terhitung masih baru. Di mana keduanya mulai turun di sektor ganda campuran berdua, pasca menikah di bulan Oktober 2017.

Baca Juga

Menjalani debut sebagai suami istri pasangan ganda campuran di Singapore International Series 2018, Andrei Adistia/Maria Febe juga sempat tampil Indonesia International Challenge 2018, Australia Open 2019, Slovak Open 2019 dan Orleans Master 2019.

Dari semuannya itu, catatan paling bagus yang ditorehkan Andrei Adistia/Maria Febe hanya bisa melaju hingga ke 16 besar yakni di ajang Slovak Open 2019.

Meski kariernya tak begitu mentereng, namun Andrei Adistia/Maria Febe patut berbangga sebab mereka merupakan pasangan ganda campuran pertama yang berstatus suami istri di Indonesia.

Mohamad Arif Abdul Latif dan Rusydina Antardayu

Selain Andrei Adistia dan Maria Febe, ada pasangan ganda campuran lainnya yang berstatus sebagai suami istri yakni Mohamad Arif Abdul Latif/Rusydina Antardayu.

Arif/Rusydina terbilang unik karena pasangan yang menikah pada 14 September 2019 lalu itu merupakan pasangan berbeda kewarganegaraan.

Arif sendiri merupakan warga negara Malaysia, sedangkan sang Istri Rusydina merupakan warga negara Indonesia.

Namun keduanya menjadi pasangan ganda campuran sejak masih pacara, meski Rusydina juga sempat bermain di nomor tunggal putri.

Sebagai suami istri, Mohamad Arif Abdul Latif/Rusydina Antardayu sendiri baru dua kali tampil di sebuah turnamen. Yakni di Indonesia Master 2019 yang berakhir di babak perempatfinal dan Macau Open 2019 yang hanya hingga 32 besar.

Namun sebelum menyandang status sebagai suami istri, Mohamad Arif Abdul Latif/Rusydina Antardayu pernah mewarnai kiprahnya sebagai ganda campuran dengan meraih juara di Maribyrnong International Challenge tahun 2014 silam.

Susy SusantiMaria Febe KusumastutiAlan BudikusumaBulutangkisIndepth

Berita Terkini