x

Breaking! Alwi Farhan Kudeta No 1 Ranking BWF, Chiara Marvella Melejit Tinggi

Selasa, 10 Oktober 2023 17:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putri Indonesia, Chiara Marvella Handoyo di ajang BWF World Junior Championships 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Update ranking BWF Alwi Farhan dan Chiara Marvella Handoyo usai melesat ke final BWF World Junior Championships atau Kejuaraan Dunia Junior 2023.

Ajang Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2023 baru saja selesai digelar di The Spokane, Washington, Amerika Serikat, Senin (9/10/23) pagi WIB.

Baca Juga

Indonesia finis sebagai negara tersukses kedua setelah China setelah menggondol empat medali, masing-masing satu emas, dua perak, dan satu perunggu.

Satu-satunya emas Indonesia disumbang oleh Alwi Farhan yang menciptakan sejarah sebagai tunggal putra Indonesia pertama yang menaiki podium satu Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis.

Alwi Farhan di final tak terbendung menumbangkan unggulan ketiga asal China, Hu Zhe An di final dengan skor akhir 21-19, 19-21, 21-14.

Sementara dua medali perak Indonesia disumbang dari kategori beregu campuran (Piala Suhandinata) dan Chiara Marvella Handoyo.

Baca Juga

Chiara Marvella Handoyo menyabet perak usai di final tunggal putri kandas dari unggulan kedua dari Thailand, Pitchamon Opatniputh, 11-21, 9-21.

Menggenapi pencapaian Indonesia, ganda campuran Jonathan Farrell Gosal/Psikila Venus Elsadai juga menyegel perunggu usai finis di semifinal dihentikan Liao Pin Yi/Zhang Jia Han (China).

Kesimpulannya, prestasi yang ditorehkan Alwi Farhan dkk Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2023 adalah sesuatu yang patut dibanggakan.

Bahkan fantastisnya, Alwi Farhan mengudeta nomor satu ranking BWF Junior per Selasa (10/10/23) menggeser Alex Lanier dari Prancis. Chiara Marvella pun meroket tajam naik 51 tangga ke top 20.

Baca Juga

1. Alwi Farhan dan Chiara Meroket di Ranking BWF

Alwi Farhan dan Chiara Meroket di Ranking BWF per Selasa (10/10/23).

Berdasarkan update ranking BWF per Selasa (10/10/23) usai Kejuaraan Dunia Junior 2023, Alwi Farhan menyegel nomor satu tunggal putra menggeser Alex Lanier.

Tercatat Alwi Farhan berhasil meroket dua tangga dan kini melengserkan Alex Lanier dari posisi puncak dengan selisih 3.960 poin.

Baca Juga

Sebagai informasi saja, capaian menapaki ranking satu dunia junior tersebut menjadi yang tertinggi dicapai oleh Alwi Farhan sepanjang kariernya.

Chiara Marvella Handoyo tak kalah luar biasa. Pekan lalu Chiara Marvella Handoyo menapaki peringkat 70 besar ranking BWF junior.

Namun usai menyabet perak Kejuaraan Dunia Junior 2023, pebulutangkis berparas cantik itu langsung meroket 51 tangga ke posisi ke 19 dunia.

Baca Juga

Posisi tersebut membuat persaingan tunggal putri Indonesia di level junior semakin memanas. Karena di atas Chiara Marvella masih ada Ester Nurumi yang menapaki posisi keenam.

Kemudian Ruzana yang juga melejit tinggi sebanyak 13 tangga ke posisi 10 besar, serta Mutiara Ayu Puspitasari di tempat ke-11.

Ganda campuran Jonathan Farrell Gosal/Psikila Venus Elsadai saat ini menempati posisi kedelapan, meroket 12 tangga di ranking BWF usai menyegel perunggu Kejuaraan Dunia Junior 2023.

Diharapkan jika ranking BWF Junior ini menjadi pertanda manis para pebulutangkis muda Indonesia menuju persaingan di level yang lebih tinggi.

Baca Juga
BulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis JuniorAlwi FarhanRanking BWFChiara Marvella Handoyo

Berita Terkini