x

Profil Ruzana, Titisan Susy Susanti yang Kuasai Ranking BWF Junior

Minggu, 12 November 2023 15:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Profil Ruzana, salah satu tunggal putri Indonesia yang menguasai ranking BWF junior sekaligus dijuluki titisan Susy Susanti. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Profil Ruzana, salah satu tunggal putri Indonesia yang menguasai ranking BWF junior sekaligus titisan Susy Susanti.

Ruzana merupakan atlet bulutangkis yang lahir di Lubuklinggau, Sumatera Barat, pada 22 Januari 2005.

Baca Juga

Artinya, pada 2023 ini, Ruzana baru menginjak usia 18 tahun. Meski demikian, sosoknya termasuk salah satu pebulu tangkis yang diperhitungkan di level junior.

Ruzana diketahui mengawali karier badminton dengan bergabung klub bulutangkis PB Djarum.

Sejak umur 15 tahun Ruzana sudah berhasil menyabet beberapa gelar kejuaraan bulutangkis seperti, Liga PB Djarum 2020, Daihatsu Astec Regional Junior U13, U15, U17.

Ketika usianya 16 tahun, Ruzana menjadi juara di kejuaraan Yuzu Isotonic Akmil Open 2021 usai mengalahkan unggulan kedua, Kyla Legiana Agatha di final tunggal taruna putri.

Tak hanya itu, Ruzana juga berani main rangkap di kelas dewasa putri. Hasilnya pun tidak mengecewakan. Ia berhasil menembus babak semifinal.

Baca Juga

Kemudian di ajang Bangladesh Junior International Series 2021, Ruzana sukses menggenggam gelar runner-up usai dikalahkan pemain PB Djarum lainnya, Bilqis Prasista.

Prestasinya yang cukup apik di level klub mengantarkan Ruzana untuk bergabung pelatnas PBSI lewat jalur pemanggilan spesial atau tanpa melalui seleknas.

Bukan tidak mungkin prestasi Ruzana akan lebih meroket ke depannya dan bisa menjadi salah satu tonggak kekuatan tunggal putri bulutangkis Indonesia pada masa mendatang meniru jejak legenda Susy Susanti.

Namun, Ruzana tidak serta merta dianggap sebagai titisan Susy Susanti. Sebab di Pelatnas PBSI, dia harus bersaing dengan para pebulu tangkis tunggal putri junior lainnya.

Baca Juga

1. Ruzana Kuasai Ranking BWF Junior

Tunggal putri Indonesia, Ruzana di Indonesia International Challenge 2022. (Foto: PP PBSI)

Ya. Ruzana termasuk salah satu dari empat tunggal putri muda Indonesia yang menempati 20 besar ranking BWF Junior.

Tiga pebulu tangkis lainnya yakni Ester Nurumi Tri Wardoyo, Chiara Marvella Handoyo, dan Mutiara Ayu Puspitasari.

Baca Juga

Ruzana yang saat ini menduduki peringkat ke-14 jadi tunggal putri Indonesia ketiga di Ranking BWF Junior, lebih unggul dari Chiara Marvella yang jadi runner-up di Kejuaran Dunia Junior 2023 kemarin.  

Meski demikian, prestasi Ruzana belum begitu mentereng dibandingkan ketiga nama tersebut. Hal ini terlihat dari penampilannya di turnamen-turnamen internasional via data BWF.

Pada 2022, Ruzana tercatat empat kali jadi perempat final di turnamen Adidas Alpes International U19, Forza Dutch International, Slovenia International, Indonesia International Challenge Malang.

Sementara pada tahun 2023, Ruzana jadi perempat finalis Iran Fajr International Challenge, Badminton Asia Junior Championships, dan semifinalis Swedish Open.

Baca Juga

Butuh waktu panjang bagi Ruzana untuk bisa mencatatkan torehan-torehan emas di level junior. Ini jadi modal dirinya segera naik level ke turnamen senior.

Ruzana dijadwalkan akan mengikuti turnamen Bahrain International Challenge 2023. Dia mendapatkan bye langsung ke babak 16 besar.

Sekadar informasi, ranking BWF junior merupakan peringkat resmi federasi bulutangkis dunia untuk para atlet di bawah usia 19 tahun.

Pemain akan dihapus dari ranking BWF junior setelah mencapai usia 19 tahun per 1 Januari. Di kategori ganda, pemain akan memiliki ranking individu dan bukan berpasangan.

Baca Juga
Susy SusantiBulutangkisRuzanaRanking BWF

Berita Terkini