x

Kisah Xia Xuanze, Suksesor Paduka Li Yongbo yang Pernah Bikin Malu Taufik Hidayat

Selasa, 21 November 2023 13:07 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Menilik profil Xia Xuanze yang ditunjuk sebagai suksesor Li Yongbo selaku pelatih China dan kisahnya yang pernah pecundangi Taufik Hidayat.

INDOSPORT.COM – Menilik profil Xia Xuanze yang ditunjuk sebagai suksesor Li Yongbo selaku pelatih China dan kisahnya yang pernah pecundangi Taufik Hidayat.

Xia Xuanze merupakan atlet kelahiran 5 Januari 1979, yang merupakan mantan tunggal putra terbaik yang pernah dimiliki oleh China.

Baca Juga

Bagaimana tidak, dirinya berhasil meraih berbagai kejuaraan di sektor tunggal putra pada akhir dekade 90-an hingga pada awal 2000-an.

Sejumlah gelar yang diraih oleh Xia Xuanze di antaranya ialah medali perunggu di ajang Olimpiade Sydney 2000 silam.

Kemudian meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada edisi 2003, meraih podium tertinggi di Kejuaraan Asia pada 2001 dan masih banyak lagi.

Berkat usaha dan kerja kerasnya dalam meraih berbagai prestasi, Xia Xuanze pun dipercaya menjadi suksesor pelatih legendaris China, Li Yongbo.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui pada 2017, saat itu Li Yongbo memutuskan mundur sebagai kepala pelatih bulutangkis China setelah 24 tahun memajukan dunia tepok bulu di Negeri Tirai Bambu.

Usai mundurnya paduka Li Yongbo, kala itu tim bulutangkis China akhirnya resmi memulai era baru dengan menunjuk Xia Xuanze dan Zhang Jun sebagai kepala pelatih.

Xia Xuanze diutus untuk bertanggung jawab menangani sektor tunggal, sedangkan Zhang Jun ditunjuk untuk memegang sektor ganda.

Sekadar informasi, Zhang Jun juga pernah mengukir sejarah emas di Olimpiade Sydney 2000 dan Athena 2004, dengan merebut back-to-back medali emas bersama Gao Ling dan sederet prestasi lainnya.

Baca Juga

Sederet catatan prestasi mengkilap tersebut tentu menjadi modal awal untuk memulai era baru bulutangkis China tanpa Li Yongbo.

Banyak kenangan yang dimiliki oleh Xia Xuanze sebelum akhirnya menjadi suksesor Li Yongbo, yakni salah satu yang paling diingat ialah pernah pecundangi sosok Taufik Hidayat pada masa lalu.


1. Pernah Pecundangi Taufik Hidayat

Legenda pebulutangkis tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat.

Xia Xuanze merupakan salah satu andalan tunggal putra yang dimiliki oleh China sebelum gebrakan era Lin Dan pada masa lalu.

Sosok Xia Xuanze menjadi musuh besar bagi para tunggal putra dunia, termasuk bagi seorang Taufik Hidayat yang merupakan legenda bulutangkis Indonesia.

Baca Juga

Taufik Hidayat merupakan tunggal putra andalan Indonesia pada masa lalu, dan telah mencetak sejumlah prestasi sejak 1996 hingga 2013.

Selama 17 tahun berkarier sebagai pebulu tangkis profesional, berbagai gelar juara yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional telah direngkuh oleh Taufik.

Namun dari deretan gelar juara yang diraihnya, ada satu ajang yang tak bisa direngkuh oleh Taufik Hidayat semasa aktif dulu.

Yakni gelar juara All England, di mana dirinya dianggap kurang beruntung di ajang ini, karena tercatat selalu sial dan gagal di turnamen tersebut.

Baca Juga

Salah satunya ialah kisahnya yang gagal meraih kemenangan saat Taufik Hidayat tampil di final All England 2000 silam

Saat itu Taufik Hidayat memang tampil gemilang hingga akhirnya menembus babak final, dan berhadapan dengan Xia Xuanze.

Sayangnya, kegemilangan Taufik Hidayat tak berlanjut di babak pemungkas karena dirinya kalah dari Xia Xuanze dua gim langsung dengan skor 6-15 dan 13-15.

Habis bensin di final dan kekalahan ini membuat Taufik Hidayat begitu terpukul karena apa yang sudah bisa digenggam hilang begitu saja usai kalah dari Xia Xuanze.

Kemudian All England 2000 jadi edisi terakhir Taufik Hidayat bisa lolos ke babak pemungkas. Pasalnya hingga masa pensiunnya pada tahun 2013, ia tak pernah lagi menapakkan kaki di partai puncak All England. 

Baca Juga
Taufik HidayatBulutangkisLi Yongbo

Berita Terkini