x

3 Pemain Lolos BWF World Tour Finals 2023 Jalur Giveaway, Termasuk Bagas/Fikri

Senin, 27 November 2023 14:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tiga pemain memastikan tiket ke turnamen BWF World Tour Finals lewat jalur giveaway alias cuma-cuma, salah satunya Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Tiga pemain memastikan tiket ke turnamen BWF World Tour Finals lewat jalur giveaway alias cuma-cuma, salah satunya Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Dengan berakhirnya China Masters 2023 Super 750 pada Minggu (26/11/23), maka lengkap sudah daftar 40 pemain yang akan tampil di BWF World Tour Finals 2023.

Baca Juga

BWF World Tour Finals 2023 merupakan ajang penutup musim turnamen bulutangkis yang akan dihelat di Hangzhou, China pada 13-17 Desember mendatang.

Sebelumnya, beberapa pemain memang sudah memastikan lolos ke BWF World Tour Finals tanpa harus ambil bagian di China Masters 2023.

Di antaranya para Juara Dunia 2023, seperti tunggal putra Kunlavut Vitidsarn, ganda putri Chen Qingchen/Jia Yifan, hingga ganda campuran Seo Seung-jae/Jeong Na-eun.

Perlu dicatat, para Juara Dunia memang secara otomatis dipastikan lolos ke BWF World Tour Finals, terlepas dari prestasi mereka di turnamen-turnamen lain sepanjang musim.

Baca Juga

Ada juga yang harus berjuang keras mengumpulkan poin di China Masters, seperti Gregoria Mariska, Anthony Sinisuka Ginting, hingga Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Namun ada pula pemain yang tanpa mengeluarkan banyak keringat tetapi tetap bisa lolos ke BWF World Tour Finals karena menggantungkan hasil pertandingan pemain lain.

Nah, rupanya memang ada tiga pemain yang mendapatkan tiket ke BWF World Tour Finals 2023 setelah para pesaing mereka gagal tampil apik di China Masters 2023.

Siapa sajakah mereka? Berikut ini INDOSPORT merangkum tiga pemain yang mengamankan tiket ke BWF World Tour Finals lewat jalur giveaway.

Baca Juga

1. 1. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (Indonesia)

Anthony Sinisuka Ginting (kanan) dan Anders Antonsen (kiri) di podium juara Singapore Open 2023 (Foto: PBSI)

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menggenapkan wakil Indonesia menjadi enam pemain yang akan tampil di BWF World Tour Finals 2023.

Lain dengan lima wakil Indonesia lain yang meraih tiket lewat kerja keras, Bagas/Fikri justru meraih tiket ke Hangzhou lewat hasil pertandingan dua pesaingnya di China Masters 2023.

Baca Juga

Ganda putra peringkat 10 dunia di ranking BWF itu lolos setelah dua pesainya pada kualifikasi Race to Hangzhou terhenti  di perempat final China Masters 2023.

Dua pesaingnya tersebut adalah rekan senegara Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan ganda Taipei Lee Yang/Wang Chi-lin.

Bagas/Fikri yang terhenti babak 32 besar China Masters 2023 masih memiliki asa lolos ke Finals asalkan Leo/Daniel dan Lee/Wang tidak lolos ke babak final ajang Super 750 ini.  

Namun, Leo/Daniel dan Lee/Wang justru kompak tersungkur di perempat final China Masters, sehingga Bagas/Fikri memenuhi syarat ke BWF World Tour Finals tanpa keluar keringat.

Meski lolos ke BWF World Tour Finals dengan menggantungkan hasil ganda putra lain, torehan Bagas/Fikri sepanjang tahun ini juga mendulang poin yang cukup.

Bagas/Fikri berhasil mencapai empat final turnamen dengan raihan runner-up di ajang Orleans Masters, Thailand Open, Denmark Open dan French Open.

Baca Juga

2. Anders Antonsen (Denmark)

Tunggal putra asal Denmark, Anders Antonsen, juga memastikan lolos ke BWF World Tour Finals 2023 usai menggantungkan nasib dari pesaing lainnya.

Diketahui, Antonsen yang terhenti di babak 16 besar China Masters 2023 masih bisa lolos asalkan pesaing terdekatnya, Kenta Nishimoto, tidak juara di turnamen itu.

Di sisi lain, Kenta Nishimoto masih bisa menjaga secuil asa lolos ke BWF World Tour Finals setelah mengalahkan Lee Zii Jia di perempat final China Masters.

Hanya saja untuk bisa mengamankan tiket tersebut, Kenta Nishimoto harus bisa menjuarai turnamen Super 750, di mana ini akan memberinya 79.220 poin untuk menyalip Antonsen.

Sayang sekali, Nishimoto yang melaju ke babak final China Masters 2023 gagal membawa pulang gelar usai dikalahkan rekan sendiri, Kodai Naraoka, 13-21, 13-21.

Hasil ini sekaligus memastikan Nishimoto gagal menyalip Anders Antonsen. Sementara Antonsen kini akan menemani rekannya Viktor Axelsen tampil di Hangzhou.

Baca Juga

3. Liu Sheng Shu/Tan Ning (China)

Ganda putri China, Liu Sheng Shu/Tan Ning, memastikan lolos ke BWF World Tour Finals 2023, bukan dari hasil kerja kerasnya sendiri.

Terlebih, Liu Sheng Shu/Tan Ning terhenti di babak 16 besar China Masters 2023 sehingga nasibnya kala itu ditentukan hasil pertandingan rekannya, Zhang Shu Xian/Zheng Yu.

Secara tak terduga, Zhang Shu Xian/Zheng Yu ditaklukkan oleh pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota di babak perempat final turnamen Super 750.

Hasil ini membuat Liu/Tan memastikan lolos untuk menemani ganda putri no.1 dunia, Chen Qingchen/Jia Yifan karena poin mereka tidak bisa dikejar oleh Zhang/Zheng.

Baca Juga
TRIVIABWF World Tour FinalsBulutangkisAnders AntonsenBagas Maulana/Muhammad Shohibul FikriChina Masters

Berita Terkini