x

Diabadikan Jadi Turnamen BWF, 3 Rekor Gila Syed Modi di Dunia Bulutangkis

Jumat, 1 Desember 2023 12:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Menilik 3 rekor gila Syed Modi, pebulutangkis muslim India yang namanya diabadikan jadi turnamen BWF World Tour Syed Modi India International.

INDOSPORT.COM – Menilik tiga rekor gila Syed Modi, pebulutangkis muslim India yang namanya diabadikan menjadi turnamen BWF World Tour Syed Modi India International (S300).

Saat ini tengah berlangsung turnamen bulutangkis BWF Syed Modi India International 2023 Super 300 di Lucknow, India, mulai 28 November hingga 3 Desember.

Baca Juga

Dua wakil Indonesia sejauh ini masih bertahan di babak perempat final yakni tunggal putra Alwi Farhan dan ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Dejan/Gloria yang berstatus unggulan kedua akan berjumpa menghadapi unggulan ketujuh Terry Hee Yon Kai/Jessica Tan Wei Han dari Singapura.

Sementara itu, Alwi Farhan akan bermain menghadapi tunggal putra permata India, Priyanshu Rajawat yang tahun ini memenangkan Orleans Masters 2023.

Berbicara mengenai Syed Modi India International, tak menarik jika kita tidak membahas asal-usul nama dari turnamen tersebut.

Baca Juga

Turnamen ini diresmikan oleh Asosiasi Bulutangkis Uttar Pradesh (UPBA) pada 1991 sebagai ‘Syed Modi Memorial Badminton Tournament’ untuk memenang sosok Syed Modi.

Seiring berjalannya waktu, turnamen ini mengalami beberapa perubahan nama. Sejak 2018, BWF menetapkan Syed Modi International masuk ke rangkaian BWF World Tour.

Lantas siapa Syed Modi itu? Syed Modi adalah mantan pemain tunggal putra India beragama Islam yang aktif berkompetisi di era 1980-an bersama Liem Swie King.

Namun karier bulutangkis pemain dengan nama lengkap Syed Mehdi Hassan Zaidi itu berakhir tragis setelah dia meninggal dunia karena dibunuh pada 28 Juli 1988.

Nah, dibalik kisah tragis dan asal-usul namanya jadi turnamen BWF, Syed Modi rupanya mengantongi 3 rekor gila yang sampai sekarang belum mampu disamai oleh tunggal putra India lainnya.

Baca Juga

1. 1. Borong Gelar India National Badminton Championships

Ameeta Kulkarni (kiri) dan mantan pebulutangkis andalan India Syed Modi (kanan) yang wafat karena dibunuh.

Syed Modi termasuk salah satu legenda tunggal putra India yang mengoleksi banyak gelar turnamen nasional bertajuk India National Badminton Championships.

Syed Modi tercatat berhasil memenangkan 8 gelar India National Badminton Championships secara beruntun antara 1981 hingga 1987.

Baca Juga

Torehan Syed Modi ini hanya selisih 1 gelar saja dari pendahulunya, Prakash Padukone yang mengoleksi 9 gelar antara tahun 1971 hingga 1979.

Sekedar informasi, India National Badminton Championships merupakan turnamen yang diselenggarakan untuk menobatkan pemain bulutangkis terbaik di India sejak 1934.

Namun sejak tahun 1960, pemain asing diperbolehkan berkompetisi di ajang ini. Beberapa pemain Malaysia dan Denmark tercatat pernah menjuarai turnamen ini.

2. Meraih Gelar Juara di Commonwealth Games

Syed Modi merupakan satu dari empat pebulutangkis tunggal putra India yang pernah memenangkan medali emas Commonwealth Games.

Baca Juga

Syed Modi memenangkan gelar juara di Commonwealth Games pada tahun 1982. Sekaligus membuat India meraih gelar beruntun se telah Prakash Padukone di tahun 1978.

Kala itu Syed Modi menjadi juara usai berhasil mengalahkan pemain asal Inggris, Nick Yates secara tiga set dengan skor 7-15, 15-6, 15-5.

3. Meraih Medali Asian Games dan Badminton Asia Championships

Selain Commonwealth Games, Syed Modi juga merupakan peraih 3 medali perunggu di ajang Asian Games, tepatnya pada 1982 (nomor beregu dan perorangan) dan 1986 di nomor beregu.

Syed Modi juga berhasil membawa India meraih gelar runner-up di Badminton Asia Championships pada tahun 1983.

Selain beberapa pencapaian tersebut, Syed Modi tercatat menjadi juara di ajang IBF Austrian International (183 dan 1984) dan USSR International 1985. 

Baca Juga
IndiaBulutangkisBWF World TourSyed Modi India International

Berita Terkini