x

4 Pasangan Terancam Degradasi dan Bubar di Tahun 2024, Kevin/Rahmat di Ujung Tanduk

Sabtu, 2 Desember 2023 14:44 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat saat tampil di Korea Masters 2023 (Foto: Humas PP PBSI)

INDOSPORT.COM - Ada empat pasangan bulutangkis yang terancam degradasi dan dibubarkan di awal tahun 2024, nasib Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat kini di ujung tanduk.

Jelang pergantian tahun, PBSI biasanya melakukan evaluasi bagi pemain Pelatnas. Jika tidak memenuhi target, pemain bisa didegradasi dan dikembalikan ke klub masing-masing.

Baca Juga

Namun, jika ada pemain ganda yang dinilai masih potensial, ada kemungkinan PBSI dan pihak klub akan mengganti pasangan mereka.

Langkah ini pernah dilakukan ketika PBSI mendegradasi pasangan Hafiz Faizal/Gloria Widjaja. PB Djarum akhirnya bongkar pasang pemain, dan kini Dejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja makin stabil di turnamen BWF.

Jika melihat tren di sepanjang tahun 2023, nampaknya ada beberapa pasangan yang memang sudah mentok dan bisa degradasi, atau mengalami bongkar pasang pemain.

Berikut INDOSPORT merangkum empat pasangan ganda yang terancam degradasi atau dibubarkan jelang pergantian tahun 2024.

Baca Juga

1. Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat

Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat sebenarnya adalah pasangan racikan baru, tetapi mereka belum bisa menunjukkan kualitas di turnamen yang mereka ikuti, yakni Korea Masters dan Kumamoto Masters 2023.

Kevin Sanjaya menuturkan bahwa ia belum tahu apakah masih akan bersama Rahmat Hidayat pada tahun 2024, atau PBSI memiliki opsi lain.

"Tahun ini, turnamen yang kami ikuti sudah selesai. Kami tidak tampil di India. Untuk tahun depan kita lihat saja nanti bagaimana," ungkap Kevin usai kekalahan di Kumamoto Masters 2023.

Banyak yang berharap agar Kevin Sanjaya berpisah karena memerlukan tandem yang lebih kuat. Bahkan, ada banyak yang berharap agar ia kembali berpasangan dengan Marcus Gideon.

Baca Juga

1. 2. Marcus Gideon/Rayhan Nur Fadillah

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Gideon didesak untuk berpisah dari Rayhan Nur Fadillah. Foto: PBSI

Ketika Kevin Sanjaya dipasangkan dengan Rahmat Hidayat, Marcus Gideon juga menggandeng pemain muda, Rayhan Nur Fadillah. Mereka menjalani debut di Syed Modi India International 2023.

Naasnya, Marcus/Rayhan kalah di babak 32 besar. Mereka mendapatkan banyak evaluasi, bahkan ada yang menilai bahwa Marcus tidak cocok bertandem dengan Rayhan.

Baca Juga

Seiring dengan banyaknya permintaan fans agar Kevin Sanjaya/Marcus Gideon kembali CLBK, maka nasib pasangan Marcus/Rayhan juga masih abu-abu untuk tahun 2024 nanti.

3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Pasangan ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juara di SEA Games 2023. (Foto: PBSI)

BWF baru saja merilis pemain yang terdaftar untuk Malaysia Open 2023, namun tidak ada nama pemain ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Padahal, ganda putri yang rankingnya lebih rendah dari mereka, yakni Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto terdaftar di ajang Malaysia Open. Banyak yang menduga jika Febriana/Amalia akan didegradasi oleh PBSI.

Rumor ini semakin kencang karena sebelum ini, Febriana/Amalia harusnya berlaga di China Masters 2023, tapi mereka kalah WO karena kabarnya ada masalah visa dan batal berangkat.

Baca Juga

4. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Japan Open 2023. (Foto: PBSI)

Pasangan ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sudah degradasi dari Pelatnas PBSI, dan kini bertanding di bawah naungan PB Djarum. Namun, hasilnya juga tidak sesuai dengan target pihak klub.

Sepanjang tahun 2023, Praveen/Melati selalu gugur di babak 32 besar dan mentok 16 besar. Hanya ada satu momen di mana mereka bisa mencapai final, yakni di Spain Masters 2023.

Setelah kandas di babak awal Syed Modi India, rumor Praveen/Melati 'cerai' semakin kencang. Bahkan, rumor ini juga dikonfirmasi pejabat BWF, Bambang Roedyanto alias Koh Rudy.

Ia mengaku bahwa Bobby Setiabudi akan bermain di ganda campuran, dan kabarnya Melati Daeva akan menjadi partner barunya. Mereka akan tampil di Kejurnas 2024 nanti.

Baca Juga
PBSIKevin Sanjaya/Marcus GideonIn Depth SportsPraveen Jordan/Melati DaevaBulutangkisBerita BulutangkisAmalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji KusumaFebriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya PratiwiIndepthKevin Sanjaya/Rahmat HidayatMarcus Fernaldi Gideon/Muhammad Rayhan Nur Fadillah

Berita Terkini