x

3 Hal yang Terjadi pada Marcus Gideon Jika Kevin Sanjaya Out dari Pelatnas PBSI

Sabtu, 9 Desember 2023 05:33 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Menerka 3 hal yang mungkin terjadi pada Marcus Fernaldi Gideon jika Kevin Sanjaya Sukamuljo benar-benar hengkang dari Pelatnas PBSI.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Menerka 3 hal yang mungkin terjadi pada Marcus Fernaldi Gideon jika Kevin Sanjaya Sukamuljo benar-benar hengkang dari Pelatnas PBSI.

Baru-baru in Badminton Lovers tengah dibuat geger dengan munculnya kabar bahwa Kevin Sanjaya dan Pramudya Kusumawardana bakal keluar dari PBSI.

Baca Juga

Pramudya Kusumawardana dikabarkan bakal mundur dari Pelatnas PBSI karena ingin mengeyam pendidikan dengan berkuliah di Australia.

Kemudian Kevin Sanjaya berpotensi ikut mundur dari Pelatnas usai dicerai dengan Marcus Fernaldi Gideon pada Agustus 2023 kemarin.

Kabar bakal mundurnya dua ganda putra andalan Indonesia itu pun membuat geger bulutangkis nasional, khususnya Badminton Lovers.

Khususnya Kevin Sanjaya, Badminton Lovers lantas bertanya-tanya apa yang akan dilakukan Marcus Gideon setelah partnernya tersebut hengkang dari PBSI.

Baca Juga

Duet Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sendiri sejatinya pernah jadi kebanggaan bulutangkis Indonesia mengingat mereka pernah bertakhta di ranking 1 BWF selama lima tahun.

INDOSPORT pun menerka-nerka apa yang akan terjadi dan dilakukan Marcus Gideon pada musim depan, apakah dirinya masih melanjutkan karier di Pelatnas PBSI ataukah pensiun mengingat usianya sudah 32 tahun.

1. Pensiun dan Jadi Pelatih

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dapat dikatakan sebagai pemain yang paling banyak memberikan gelar bagi Indonesia.

Kevin/Marcus menjadi ganda putra terlama yang menduduki puncak ranking BWF, yaitu selama 259 pekan, mulai dari 28 September 2017 hingga 19 September 2022 lalu.

Baca Juga

1. 1. Pensiun dan Jadi Pelatih

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di India Open 2023. (Foto: PBSI)

Namun, setelah pandemi Covid-19 melanda, performa Kevin/Marcus mulai merosot hingga lengser dari WR 1. Faktor lainnya, Marcus sempat naik meja operasi pada April 2022.

Meski sempat kembali ke lapangan, tetapi kelainan kaki Marcus belum sepenuhnya pulih, sehingga ia jalani operasi lagi di Portugal pada bulan Juli 2023 lalu.

Baca Juga

Selama masa pemulihan itulah, PBSI memutuskan menyudahi kebersamaan Marcus dan Kevin aliass memisahkan mereka.

Kevin Sanjaya dipasangkan dengan pemain muda, Rahmat Hidayat. Sedangkan Marcus Gideon dipasangkan dengan Muhammad Rayhan Nur Fadillah.

Bukan tidak mungkin, Marcus Gideon menyusul Kevin Sanjaya dengan memutuskan gantung raket.

Lagipula, Marcus Gideon saat ini sudah memiliki akademi bulutangkis sendiri yang bernama Gideon Badminton Academy dan dia beberapa kali menyempatkan diri jadi pelatih di sana.

Baca Juga

2. Gandeng Pemain Muda

Marcus Gideon menjalani comeback-nya usai pulih dari operasi kaki dengan menggandeng pemain ganda putra yang lebih muda, yakni Muhammad Rayhan Nur Fadillah.

Duet Marcus/Rayhan menjalani debutnya di turnamen Syed Modi India International meski langsung terhempas di babak pertama. Mereka melanjutkan duet di ajang Guwahati Masters.

Jika duet Marcys/Rayhan memiliki potensi maka PBSI tentunya masih akan melanjutkan kerja sama dua pemain ini musim depan.

Namun PBSI juga bisa memasangkan Marcus Gideon dengan pemain lain, seperti Yeremia Rambitan yang kemungkinan akan ditinggalkan Pramudya Kusumawardana.

Baca Juga

3. Susul Keluar dari Pelatnas PBSI

Marcus Gideon mungkin akan menyusul Kevin Sanjaya hengkang dari pelatnas PBSI. Selanjutnya, jika dirinya masih ingin bermain maka akan berstatus pemain profesional.

Marcus Gideon juga bisa kembali ke akademi bulutangkisnya untuk melanjutkan baktinya sebagai pelatih.

Terlebih, Marcus Fernaldi Gideon ternyata sudah pasrah tidak akan dipasangkan lagi dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

“Soal kembali ke pasangan lama (Kevin Sanjaya), itu belum ada omongan,” buka Marcus Gideon dilansir dari Antaranews.

Memutuskan keluar dari pelatnas PBSI, Marcus Gideon juga bisa menggandeng Kevin Sanjaya lagi sebagai pasangan independen layaknya Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Baca Juga
PBSIKevin SanjayaKevin Sanjaya/Marcus GideonMarcus Fernaldi GideonBulutangkis

Berita Terkini