Dianggap Curang, Atlet Australia Menolak 1 Podium dengan Perenang China Ini

Senin, 22 Juli 2019 14:51 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Maddie Meyer/Getty Images
Mack Horton (kiri) menolak satu podium bersama perenang China, Sun Yang Copyright: © Maddie Meyer/Getty Images
Mack Horton (kiri) menolak satu podium bersama perenang China, Sun Yang

INDOSPORT.COM - Perenang Australia, Mack Horton menyulut kembali perseteruannya dengan rival asal China, Sun Yang ketika keduanya mengikuti Kejuaraan Akuatik Dunia, Minggu (21/07/19).

Sun Yang menuding Mack Horton telah melakukan kecurangan saat mendapatkan medali emas untuk renang gaya bebas 400 meter dalam kejuaraan yang digelar di Korea Selatan tersebut.

Perenang asal Australia itu menuding jika Sun Yang baru saja terjerat kasus pemakaian doping. Mack Horton kemudian menolak untuk berbagi podium dengan Sun Yang.

Bukan cuma itu saja, Horton juga menolak untuk berjabat tangan serta foto bersama Yang. Juara bertahan di Olimpiade itu lebih memilih untuk berpose di samping peraih medali perunggu, Gabriel Detti.

© Quinn Rooney/Getty Images
Mack Horton berpose bersama Gabriele Detti Copyright: Quinn Rooney/Getty ImagesMack Horton berpose bersama Gabriele Detti

"Jika dia tidak menghormati saya itu tidak apa-apa, tetapi jika dia tidak menghormati negara China itu hal yang sangat disayangkan," ujar Sun Yang dilansir dari BBC.

Sun Yang memang pernah dinyatakan positif menggunakan doping pada 2014 lalu. Ia menerima hukuman skorsing selama tiga bulan setelah ketahuan menggunakan trimetazidine.

Perseteruan Sun Yang dan Mack Horton berawal saat Olimpiade Rio 2016. Saat itu Horton menuduh Sun sengaja menciprati dia dengan air dalam sesi latihan.

"Saya mengabaikannya, saya tidak punya waktu atau rasa hormat terhadap atlet yang memakai doping," ujar Horton.

Tak disangka, meski tiga tahun sudah berlalu, perselisihan itu masih saja tak kunjung usai.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%