Liga Indonesia

Militansi dan Kreativitas The Macz Man Saat Dukung PSM Makassar

Jumat, 19 Juli 2019 15:34 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Predikat Indonesia sebagai negeri suporter sepak bola terbesar di dunia bisa dibuktikan di seantero Tanah Air, tak terkecuali Makassar. Kelompok pendukung PSM Makassar, The Macz Man, menunjukkan kreativitas dan militansi mereka kala Juku Eja berhadapan dengan Persebaya Surabaya pada Rabu (17/7/19).

Sebelum laga tersebut dimulai, The Macz Man telah memenuhi Stadion Andi Mattalata. Tak hanya pria, banyak wanita yang tergabung dalam grup ‘The Macz Girl’ memperlihatkan antusiasme. Mereka mengenakan baju dengan warna kebesaran Juku Eja, yakni merah marun.

Saat laga dimulai, mereka memamerkan koreografi berupa menggerakkan tangannya secara serentak, melompat, serta berangkulan. Tak hanya itu, mereka tak berhenti menyanyikan berbagai lagu dukungan.

Mereka semua bergerak dengan mengikuti seorang capo yang mengarahkan semuanya. Dalam laga tersebut, peran capo dipegang oleh Andi Muh. Faisal.

‘Daeng Faisal’ di situ memimpin para suporter dari sebuah menara kecil yang dapat dilihat oleh semua pendukung di tribun. Suaranya pun terdengar karena dilengkapi sebuah microphone kecil yang ia kenakan.

Dukungan The Macz Man ternyata berpengaruh besar terhadap performa PSM Makassar. Tim Juku Eja memenangkan pertandingan dengan skor 2-1. Anak asuh Darije Kalezic mencetak gol melalui Guy Junior Ondoua dan Ferdinand Sinaga. Sedangkan, tim Bajul Ijo hanya bisa membalas satu gol lewat Irfan Jaya.

Meski suasana stadion sangat bergemuruh, The Macz Man menciptakan suasana yang damai dan kondusif. Hal ini turut membuat pelatih Kalezic semakin terkesan dengan atmosfer sepak bola Indonesia.