3 Tips Renang untuk Pemula, Tak Perlu Malu Pakai Pelampung

Sabtu, 7 September 2019 18:22 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Shutterstock/bikeriderlondon
Ilustrasi olahraga renang. Copyright: © Shutterstock/bikeriderlondon
Ilustrasi olahraga renang.

INDOSPORT.COM – Berenang merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Namun, apa jadinya jika kita hingga kini belum bisa berenang? Berikut sejumlah tips dari redaksi berita olahraga INDOSPORT untuk kamu perenang pemula.

Berenang adalah aktivitas olah fisik dengan media air, seperti sungai, kolam, atau pantai dan laut, sehingga disebut sebagai olahraga air.

Berenang bermanfaat untuk menguatkan otot dan tulang, menyehatkan jantung dan paru-paru, meningkatkan keseimbangan, mengurangi resiko penyakit, bahkan juga manfaat rekreatif seperti mengurangi stress dan depresi.

Tak ada kata terlambat untuk belajar berenang dan mendapatkan manfaat dari olahraga air tersebut. Maka, berikut ini adalah tips untuk kamu yang baru belajar berenang.

1. Siapkan Peralatan

Ada beberapa peralatan renang yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas di dalam air, misalnya kacamata renang untuk melindungi mata dan menjaga pandangan tetap jernih meski belum terbiasa berada di bawah air.

Peralatan lainnya seperti penyumbat telinga dan hidung juga bisa disiapkan, untuk melindungi kedua bagian tubuh vital tersebut dari kemasukan air.

Anda juga bisa menggunakan pelampung untuk menopang tubuh dan fokus melatih gerakan kaki.  Pilihlah peralatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda ketika belajar berenang.

2. Belajar Mengapung

Mulailah untuk rileks dan terbiasa di air, serta posisikan diri agar mengapung di atas air. Berpeganglah pada tepian kolam dan mulai mengangkat kedua kaki. Tarik napas dalam dan telentangkan tubuh dengan rileks.

Aktivitas mengapung bisa dilakukan selama 15-30 detik, namun bisa juga dilanjutkan dan mulailah berlatih tanpa harus berpegangan.

3. Bergerak ke Depan

Mulailah berlatih gerakan renang meski dengan bantuan peralatan seperti pelampung. Dorong tubuh ke depan dan mulailah bergerak ke depan, serta diikuti dengan gerakan kaki secara bergantian. Pengetahuan tentang gaya renang juga penting untuk dipelajari dan dipraktekkan.

Lakukan aktivitas ini sembari berlatih pernapasan dan ritme kepala ketika berada di atas air. Langkah ini bisa menjadi menu latihan utama hingga terbiasa, dan cobalah kembali tanpa alat bantu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%