I Gede Siman Sudartawa Bertekad Raih Emas dan Pertajam Rekor di SEA Games 2019

Selasa, 3 Desember 2019 11:26 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa menargetkan medali emas pada SEA Games 2019 Filipina, dan bertekad mempertajam rekor di kejuaraan dua tahunan tersebut.

Dilansir dari Antara, atlet asal Bali itu akan mengawali perlombaan di Clark Aquatic Centre, Filipina, Rabu (4/12). Sasaran utamanya meraih emas dan pemecahan rekor pada kelas 50 meter gaya punggung.

"Memang benar, saya menargetkan emas sekaligus pertajam rekor SEA Games," kata Gede Siman Sudartawa dalam keterangan resminya usai ujicoba kolam.

Pada SEA Games 2017, Siman sukses meraih medali emas nomor 50 meter gaya punggung dengan waktu 25,20 detik sekaligus memecahkan rekor SEA Games yang sebelumnya dicetak atlet asal Singapura, Zheng Wen Quah. Zheng dengan catatan waktu 25,27 detik pada SEA Games 2015.

Menurut Siman, untuk mencapai target tersebut tidak mudah karena banyak atlet muda  bermunculan  dari negara pesaiang, seperti perenang asal Vietnam ataupun Singapura. Begitu juga dengan atlet tuan rumah yang selama ini belum begitu dikenalnya.

"Perenang dari Singapura dan Vietnam memang sudah menjadi rival abadi. Soal perenang Filipina, saya belum tahu kekuatannya seperti apa, karena banyak perenang naturalisasi," kata Siman menambahkan.

Sebelum berlaga di Filipina, Siman diketahui menimba ilmu bersama pelatih asal Amerika Serikat, Sergio Lopez, di Virginia Tech University, Amerika Serikat sejak 3 September hingga 23 November 2019.

Pada SEA Games 2019 ini, Siman akan tampil di nomor 50 meter dan 100 meter gaya punggung. Perenang berusia 25 tahun itu juga akan tampil di nomor 4x100 meter gaya bebas dan 4x100 meter estafet.

Penulis: Ahmad Fatih Qadri