Demi Keselamatan Bersama, Oceanman 2020 Dilaksanakan Akhir Tahun Nanti

Senin, 20 Juli 2020 02:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Oceanman 2020
Ajang renang perairan terbuka Oceanman 2020 akan digelar akhir tahun. Copyright: © Oceanman 2020
Ajang renang perairan terbuka Oceanman 2020 akan digelar akhir tahun.

INDOSPORT.COM - Ajang renang perairan terbuka, Oceanman Indonesia, dijadwalkan berlangsung di Bali pada 11-12 Desember mendatang. Jadwal tersebut dipilih setelah mempertimbangkan situasi terkini di Indonesia berkaitan dengan virus corona (Covid-19). 

Oceanman Indonesia 2020 digagas oleh dua eks perenang nasional, Felix Sutanto dan Albert Sutanto. Awalnya hajatan ini dijadwalkan berlangsung di Bali pada 10-11 April, namun penyebaran Covid-19 memaksa penyelenggaraan diundur ke 28-29 Agustus 2020.

"Ketika memundurkan jadwal ke 28-29 Agustus 2020, persiapannya sudah 60 persen. Namun, persiapan itu tidak bisa dilanjutkan begitu saja, karena ada beberapa hal yang harus kami sesuaikan dengan standar new normal," ulas Felix Sutanto.

"Keselamatan adalah hal terpenting, sehingga kami akan mengevaluasi secara keseluruhan yang membuat persiapan butuh waktu lebih panjang dari rencana awal. Jadilah kami mengubah jadwal ke Desember daripada mempertahankan jadwal semula," lanjutnya.

Di sisi lain, Albert Sutanto mengungkapkan bahwa selama pandemi virus corona, antusiasme peserta tidak menurun. Hal itu semakin memotivasi dirinya dan Felix untuk mengupayakan yang terbaik, terutama berkaitan dengan keamanan dan keselamatan. 

"Sebelum April 2020, ada sekitar 300 peserta dari luar negeri yang melakukan registrasi. Ketika pandemi Covid-19 terjadi, mereka tidak menarik dana atau membatalkan kepesertaan," ungkap Albert Sutanto

"Beberapa orang dan komunitas renang Indonesia juga terus berkomunikasi dengan kami untuk mengupayakan Oceanman tetap terselenggara di Bali tahun ini," jelasnya.

"Kami berkomitmen untuk menyelenggarakan Oceanman 2020 dengan standar terbaik. Kami berharap, keadaan semakin kondusif, publik tetap antusias dengan Oceanman 2020, dan ajang ini bisa berkontribusi bagi Indonesia, setidaknya dalam bidang pariwisata," pungkas Albert Sutanto.