Rikako Ikee: MVP Asian Games Berjuang Hadapi Leukemia demi Olimpiade

Sabtu, 10 April 2021 20:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Rikako Ikee, perenang Jepang yang didiagnosis leukemia. Copyright: © Getty Images
Rikako Ikee, perenang Jepang yang didiagnosis leukemia.

INDOSPORT.COM - Perenang putri asal Jepang, Rikako Ikee, berhasil menginjakkan kaki di Olimpiade Tokyo setelah berjuang menghadapi penyakit leukemia.

Kepastian untuk tampil di event olahraga akbar tersebut diperoleh setelah sang atlet tampil sebagai yang terbaik di nomor 100 meter gaya kupu-kupu, di ajang Japan Swimming Championships beberapa hari lalu.

Rikako Ikee mencatatkan waktu 57,77 detik, yang mana sudah cukup untuk memastikan satu tempat di Olimpiade Tokyo. Hasil ini membuatnya bisa tampil di 4x100 meter gaya ganti estafet, dua tahun setelah didiagnosis leukemia.

Meski catatan waktunya di atas belum memadai untuk tampil di nomor perorangan, perjuangan Rikako Ikee tentu patut mendapat apresiasi.

Wanita kelahiran 4 Juli 2000 tersebut pun mengaku senang sekaligus kaget dengan pencapaiannya. Apalagi, ia belum lama melakoni comeback sebagai atlet setelah berjuang melawan leukemia yang dideritanya.

“Saya senang sekaligus terkejut,” demikian kata Rikako Ikee seperti diberitakan laman berita olahraga BBC.

Setelah sempat didiagnosis leukemia, Ikee akhirnya kembali berlatih di kolam renang sejak bulan Maret tahun lalu. Ia menghabiskan masa perawatan selama 10 bulan di rumah sakit untuk mengatasi penyakitnya.

Saat menjadi pemenang di Tokyo Open pada bulan Februari lalu, Ikee sendiri sejatinya tidak pernah mengharapkan hal yang muluk-muluk atau berlebihan, termasuk berpartisipasi di gelaran Olimpiade musim panas tahun ini.

Namun ternyata nasib baik masih menaungi mahasiswi Nihon University ini, lantaran bisa mengamankan tempat di 4x100 meter gaya ganti estafet.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%