Raup 7 Medali Emas, Perenang Australia Ukir Sejarah di Olimpiade Tokyo

Rabu, 4 Agustus 2021 15:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Emma McKeon, perenang asal Australia. Copyright: © Instagram@olympics
Emma McKeon, perenang asal Australia.

INDOSPORT.COM – Perenang asal Australia, Emma McKeon, menorehkan sejarah baru di Olimpiade Tokyo 2020 setelah berhasil meraup tujuh medali emas di cabang olahraga renang.

Merujuk pada akun resmi Olimpiade Tokyo di Instagram, perenang Australia, Emma McKeon menjadi wanita kedua di dalam sejarah yang memenangkan tujuh medali sekaligus dalam satu edisi Olimpiade.

Sebelumnya, rekor serupa pernah diciptakan oleh pesenam asal Uni Soviet, Maria Gorokhovskaya saat berkompetisi di Helsinki Games than 1952.

Emma McKeon kini bergabung dengan Phelps, Mark Spitz dan Matt Biondi sebagai satu-satunya perenang yang meraih tujuh atau lebih (Phelps memegang rekor delapan medali emas di Olimpiade Beijing 2008).

“Saya tidak pernah menyangka bisaa memenangkan 50 gaya bebas karena saya telah berlatih untuk gaya bebas 200 sepanjang hidup saya,” ujar McKeon usai meraih medali emas ketujuh, dilansir dari New York Times.

“Jika saya turun di semua kategoru, saya tahu saya bisa menang. Ini sangat nyata. Saya pikir sepanjang pekan saya telah mengontrol emosi pada level tertentu karena saya tahu saya melakoni lebih banyak balapan. Rasanya masih tidak percaya,” lanjutnya.

Emma McKeon memastikan rekor tersebut setelah berhasil mengamankan medali emas ketujuh dalam cabor renang kategori gaya ganti 4x100 estafet.

Pada nomor tersebut, McKeon mencetak rekor Olimpiade dengan catatan waktu 3:51:60, mengalahkan Amerika Serikat yang meraih perak, dan Kanada untuk perunggu.

Selain itu, dirinya juga mampu memenangkan nomor 50m gaya bebas dalam waktu 23,81, yang menjadi sebuah rekor  di Olimpiade.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%