Jadi yang Tercepat Dibangun, Venue Rugby PON XX Papua Cetak 3 Rekor MURI

Kamis, 23 September 2021 15:20 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDODPORT
Venue pertandingan cabang olahraga rugby yang berlokasi di Kawasan AURI, Sentani, Kabupaten Jayapura baru saja diresmikan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe. Copyright: © Sudjarwo/INDODPORT
Venue pertandingan cabang olahraga rugby yang berlokasi di Kawasan AURI, Sentani, Kabupaten Jayapura baru saja diresmikan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe.

INDOSPORT.COM - Venue pertandingan cabang olahraga rugby yang berlokasi di Kawasan AURI, Sentani, Kabupaten Jayapura baru saja diresmikan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe. Venue tersebut menjadi venue tercepat yang dibangun dan telah mencetak tiga rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Venue yang akan mempertandingkan olahraga rugby 7 (seven) itu hanya dikerjakan dalam waktu 93 hari, atau lebih cepat dari kontrak kerja selama 100 hari.

Venue rugby itu mulai dikerjakan pada 18 Juni 2021 dengan menelan anggaran APBD Provinsi Papua sebesar Rp122 miliar.

Venue ini mencatatkan tiga rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori pembangunan gelanggang rugby standar rugby tercepat, pemasangan rumput sintetik pada field of play (FOP) terluas dan tercepat, dan pembangunan gelanggang olahraga dengan sistem prefabrikasi pertama.

"Jadi sesuai dengan rekor MURI yang kita dapat yakni menjadi venue rugby tercepat di Indonesia yang kita bangun, venue yang menggunakan sistem rehab dalam sisi konstruksi dan venue dengan bentangan terbesar untuk pemasangan rumput sintetik tercepat," kata Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, Alexander Kapisa, Kamis (23/09/21).

Ketua MURI, Jaya Suprana juga terkesan dengan pembangunan venue rugby ini. Ia pun mengakui jika pengerjaan venue tersebut sangat cepat. 

"Sesuai kalender, venue ini direncanakan rampung dalam 100 hari kerja. Namun bisa diselesaikan dalam waktu lebih cepat, yakni 93 hari. Venue ini mencatatkan tiga kategori rekor MURI, dan kami MURI mengukuhkan pembangunan gelandang rugby ini sebagai standar world rugby tercepat, pemasangan FOP dan pembangunan gelanggang pertama dengan sistem prefabrikasi yang merupakan maha karya PT PP," ujar Suprana.