Xabi Alonso Kejar Rekor Seedorf di Liga Champions

Senin, 16 Februari 2015 15:50 WIB
Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Hingga saat ini Clarence Seedorf masih tercatat sebagai satu-satunya pemain yang sukses mengangkat trofi Liga Champions dengan tiga klub berbeda. Seedorf menjuarai Liga Champions bersama Ajax Amsterdam pada 1994/95, Real Madrid pada 1997/98, dan AC Milan pada 2002/03 dan 2006/07.

Namun rekor milik Seedorf kini bisa disamai oleh gelandang asal Spanyol, Xabi Alonso. Gelandang 33 tahun itu berpeluang besar menyamai catatan bersejarah milik Seedorf jika mampu mengantarkan Bayern Muenchen juara Liga Champions, khususnya pada musim 2014/15.

Alonso berpeluang menyamai rekor Seedorf setelah musim lalu menjuarai Liga Champions bersama Real Madrid. Sebelumnya jebolan akademi Real Sociedad itu mengangkat trofi Si Kuping Besar bersama Liverpool pada musim 2004/05. Artinya satu trofi bersama Bayern akan menyandingkan nama Alonso bersama Seedorf.

Alonso datang ke Bayern setelah klub asal Bavaria itu menjual Toni Kroos ke Real Madrid. Alonso diplot oleh pelatih Pep Guardiola untuk memerankan gelandang jangkar sekaligus otak permainan Die Roten.

Bersama Bayern, Alonso jelas berpeluang untuk merengkuh trofi ketiga Liga Champions. Ya, selain ditangani pelatih sekelas Guardiola, Bayern dihuni pemenang Piala Dunia 2014 seperti Manuel Neuer, Philipp Lahm, Thomas Mueller, Bastian Schweinsteiger, dan Thomas Mueller. Selain itu juga ada pemain top sekelas Robert Lewandowski dan Arjen Robben.

Bayern akan menghadapi Shakhtar Donetsk pada babak 16 besar Liga Champions musim ini. Rival terkuat Bayern untuk menjuarai Liga Champions musim ini adalah Barcelona, Real Madrid, dan Chelsea. Juga ada tim sekuat sekaliber Paris Saint-Germain, Juventus, Arsenal, dan Manchester City.

Lalu mampukah Alonso menyamai rekor milik Seedorf, kita lihat saja nanti.