Bola Internasional

7 Aksesoris Sepak Bola yang Jarang Diketahui

Sabtu, 11 April 2020 10:18 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Daniele Badolato/GettyImages
Pemain megabintang klub Serie A Italia, Juventus, Cristiano Ronaldo menggunakan ikat kepala atau bandana saat bertanding. Copyright: © Daniele Badolato/GettyImages
Pemain megabintang klub Serie A Italia, Juventus, Cristiano Ronaldo menggunakan ikat kepala atau bandana saat bertanding.

INDOSPORT.COM - Dari kebutuhan berubah menjadi aksesoris, mungkin kalimat ini tepat dilayangkan untuk beberapa pesepak bola di dunia.

Memang jarang yang terlihat menggunakan beberapa aksesoris saat sedang bertanding karena dianggap mengganggu pergerakkan mereka saat sedang berlaga.

Namun rupanya, tidak sedikit pesepak bola yang kedapatan memakai beberapa aksesoris tersebut, selain karena butuh, mereka juga bisa tampil sedikit lebih bergaya.

Apa sajakah aksesoris yang biasa digunakan itu? Berikut ini adalah rangkumannya versi INDOSPORT.

Topeng

© The Sun
Sergio Ramos gunakan topeng khusus dalam latihan. Copyright: The SunSergio Ramos gunakan topeng khusus dalam latihan.

Biasanya, pemain yang menggunakan topeng ini untuk melindungi wajah mereka dari cedera yang didapati sebelumnya. Saat pertama kali digunakan, topeng pelindung wajah ini diciptakan dengan bentuk formal atau biasa saja.

Namun seiring berjalannya waktu, topeng ini diciptakan lebih menarik dengan desain yang sesuai dengan khas dari klub yang dibela. Tidak sedikit pesepak bola yang menggunakan topeng ini sekaligus untuk tampil bergaya saat sedang di lapangan.

Contohnya adalah bek tengah dan kapten Real Madrid, Sergio Ramos yang pernah menggunakan topeng saat dirinya belum lama pulih dari cedera wajah.

Syal

© sporteology
Caption Copyright: sporteologyCarlos Tevez saat masih di klub Liga Inggris, Manchester City menggunakan syal untuk melindungi tubuh dari suhu dingin.

Tentu sudah banyak yang mengetahui jika syal berfungsi untuk melindungi tubuh dari suhu dingin. Benda ini pun seakan menjadi salah satu favorit dalam dunia sepak bola, beberapa pemain seperti Samir Nasri, Carlos Tevez, bahkan pelatih Roberto Mancini pun sering terlihat menggunakannya saat berada di lapangan.

Ikat Kepala atau Bandana

© Quality Sport Images / GettyImages
Pemain bintang Real Madrid, Gareth Bale besar kemungkinan akan dilepas seiring berakhirnya musim 2018-19.jpg Copyright: Quality Sport Images / GettyImagesPemain bintang Real Madrid, Gareth Bale sering menggunakan ikat kepala di setiap pertandingan.

Tidak hanya perempuan yang membutuhkan ikat kepala, para kaum Adam yang berambut panjang pun membutuhkannya agar tidak menghalangi penglihatan mereka saat sedang bertanding. 

Selain Zlatan Ibrahimovic, beberapa nama tenar seperi Fernando Torres, Gareth Bale, dan legenda Alessandro Nesta. bahkan Cristiano Ronaldo pun juga pernah menggunakannya.

222