Peristiwa Masa Lampau

Misteri Hilangnya Trofi Piala Dunia 'Jules Rimet' 1966

Jumat, 18 Maret 2016 14:00 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Tim nasional Jerman berhasil mengangkat trofi Piala Dunia 2014 Brasil di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro. Predikat juara dunia berhasil diraih tim asuhan Joachim Low usai menuntaskan pertandingan dramatis lawan tim nasional Argentina dengan skor tipis 1-0.

Mario Gotze, yang menjadi pahlawan kemenangan Die Mannschaft berkat gol tunggalnya di menit ke-113 babak extra time, berhasil membawa suka cita bagi rekan-rekannya dan publik Jerman untuk berpesta. Tradisi arak-arakan dan cium trofi Piala Dunia pun berlangsung dengan perasaan tak terbendung di stadion berkapasitas 78.838 kursi tersebut.

Trofi yang diangkat dan dielu-elukan para pemain Jerman tersebut sebenarnya merupakan trofi penerus (FIFA World Cup Trophy) dari trofi pertama yang ada sebelumnya dengan nama trofi Jules Rimet.


Mario Gotze berhasil membawa Jerman menjadi juara dunia di pentas Piala Dunia 2014 Brasil


Mario Gotze mencium trofi Piala Dunia 2014 Brasil di Stadion Maracana


Andres Iniesta berhasil menjadi pahlawan Spanyol usai meraih juara di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan


Diego Maradona berhasil mengangkat trofi Piala Dunia 1986 bersama timnas Argentina

Ada cerita dan sejarah panjang hingga akhirnya Trofi Jules Rimet digantikan oleh FIFA World Cup Trophy, yang berbentuk sosok dua manusia mengusung bola dunia sejak tahun 1974 tersebut. Dimulai dari hilangnya trofi Jules Rimet pada 20 Maret 1966 (Piala Dunia ke-8), ditemukan oleh seekor anjing dan hilang kembali pada tahun 1983 di Brasil.


Trofi edisi pertama Piala Dunia bernama trofi Jules Rimet

INDOSPORT mengulas cerita panjang di balik misteri hilangnya trofi pertama Piala Dunia ‘Jules Rimet’ pada 20 Maret 1966.

231