Piala Eropa

3 Tim Non Unggulan yang Mampu Menjadi Juara Piala Eropa

Selasa, 10 Mei 2016 17:59 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Piala Eropa merupakan kejuaraan sepakbola yang diikuti negara-negara benua biru. Awalnya, Piala Eropa sendiri diusulkan pertama kali digelar oleh Seketaris Jenderal (Sekjen) Federasi Sepakbola Prancis, Henri Delauney pada tahun 1927.

Namun, lima tahun jelang perhelatan, Delauney menghembuskan nafas terakhir. Untuk menghormati jasanya, nama Delauney diukir pada bagian bawah trofi Piala Eropa.

Pada tahun 1960, Piala Eropa akhirnya resmi digelar di Prancis. Saat itu, hanya ada empat (Uni Soviet, Prancis, Yugoslavia, dan Cekoslowakia) dari 17 tim yang mengikuti babak kualifikasi untuk berhak melaju ke putaran final. Hasilnya, Uni Soviet keluar sebagai juara usai mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-1.

Setelah itu, Piala Eropa mengalami perubahan format seiring berjalannya waktu. Tak sampai di situ, Piala Eropa kerap memunculkan tim-tim yang tidak diunggulkan, tetapi bisa menjadi juara.

Siapa saja tim-tim dengan kapasitas underdog, tetapi mampu keluar sebagai juara Eropa? Berikut ulasannya yang telah disusun oleh INDOSPORT :

209