Legenda Olahraga

Oliver Kahn (PART I): Cita-cita, Mimpi, dan Tangisan Pilu

Kamis, 16 Juni 2016 16:00 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Siapa yang tak mengenal nama Oliver Kahn. Pasti, semua pecinta sepakbola dunia sangat familiar mendengar nama kiper legendaris Jerman tersebut.

Maklum, Kahn merupakan salah satu kiper terbaik abad ke-21. Kiper kelahiran 15 Juni 1969 tersebut dikenal sebagai salah satu penjaga gawang yang memiliki kemampuan sangat komplet.

Pria yang memiliki tinggi 1,88 meter tersebut sangat piawai dalam mengantisipasi berbagai macam serangan atau tendangan yang dilakukan para striker. Ia memiliki lompatan tinggi dan respon yang sangat cepat.

Dengan kemampuannya yang sangat mumpuni, tak jarang para striker lawan mengalami frustasi untuk bisa membobol gawang yang dikawal Kahn. Sehingga, Kahn acap kali mampu mengantarkan timnya meraih kemenangan.

Kemenangan demi kemenangan terus diraih. Berbagai gelar juara ditorehkan Kahn semasa aktif menjadi pesepakbola profesional bersama Bayern Munchen dan timnas Jerman. Gelar Bundesliga, Liga Champions, dan Euro pernah dipersembahkannya.


Oliver Kahn saat aktif bermain.

Selain menjadi kiper yang hebat, Kahn dikenal sebagai sosok rendah hati di dalam maupun luar lapangan. Ia memiliki jiwa kepemimpinan, nasionalisme, dan sportifitas yang tinggi. Tak jarang, pesepakbola manapun sangat menghormati Kahn.

Meski begitu, tak pernah tau bagaimana Kahn meniti karier hingga mempesona publik sepakbola dunia. Begitupun, kisah-kisah ketika awal dan tengah karier sang kiper legendaris tersebut.

Untuk itu, INDOSPORT telah menyajikan segmen khusus Legenda Olahraga membahas tentang sosok Oliver Kahn lebih dalam. Berikut ulasannya.