Deretan Aset Belia Ajaib yang Bakal Gemparkan Sepakbola Dunia

Selasa, 11 Oktober 2016 08:27 WIB
Penulis: Arum Kusuma Dewi | Editor: Irfan Fikri
 Copyright:

Dua pekan ini, jagad sepakbola digemparkan oleh kehadiran dua pemain muda yang bermain di tim senior sepakbola Eropa. Mereka adalah Karamoko Dembele, 13 tahun, yang bermain di Glasgow Celtic U-20 dan  Mustafa Kapi, 14 tahun, yang diberi kesempatan bermain untuk Galatasaray.

Sayangnya, kehadiran bintang muda di klub Eropa terkadang berbenturan dengan peraturan FIFA.  Peraturan FIFA Bab VI pasal 19 hanya mengizinkan transfer anak di bawah umur secara internasional dengan syarat; Orang tua pemain telah pindah negara atas keputusan sendiri, perpindahan pemain berada dalam regional Uni Eropa ketika sudah berusia 16 hingga 18 tahun, dan rumah pemain berjarak kurang dari 50 kilometer dari perbatasan dua negara. Belum lagi syarat maksimal lama kontrak yang hanya tiga tahun bagi pemain berusia 18 tahun ke bawah.  

Klub memang harus berhati-hati dalam merekrut talenta-talenta muda. Jangan sampai terbawa euforia ingin memiliki pemain muda sensasional, tetapi malah mendapat sanksi FIFA yang merugikan klub.

Karier yang begitu cepat juga mengancam pemain muda ini karena rentan cedera. Struktur tulang dan fisik mereka belum mampu mengimbangi tingginya tuntutan latihan dan laga bertensi tinggi, yang berpotensi mengubur mimpi besar para belia ini nantinya.

Berikut INDOSPORT rangkum tujuh pesepakbola muda berusia belasan tahun yang diprediksi memiliki masa depan gemilang di klub-klub raksasa dunia:

1.3K