Ask The Experts

Tips Efektif Hindari Cedera Hamstring

Sabtu, 12 November 2016 11:03 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Irfan Fikri
 Copyright:

Cedera hamstring adalah cedera yang menimpa tiga kelompok otot yang ada di paha bagian belakang. Otot hamstring biasanya akan aktif ketika melakukan aktifitas berlari atau menendang bola.

Cedera ini memang dapat terjadi ketika si pesepakbola tersebut tengah berlari atau berlatih. Biasanya cedera ini terjadi karena kondisi otot belum siap akan mendapat pekerjaan berat.

"Cedera hamstring memang terkadang karena otot belum siap menerima pergerakan yang berlebih. Dia bisa tegang atau robek," ucap Dokter tim Persikabo Kabupaten Bogor, Mahput Yono kepada INDOSPORT.

Bahkan bagi Mahput cedera ini tidak dapat dipandang sebelah mata juga. Sebab, bagi dia bila cedera ini sudah cukup parah tidak menutup kemungkinan sang pemain tidak dapat bermain secara maksimal.

"Tergantung tingkatan cedera ini. Bila hanya memar bisa dikompres atau dikasih pereda rasa nyeri. Atau otot itu disitirahatkan terlebih dahulu. Namun bila sampai robek itu mungkin kata orang awam harus operasi. Tapi kalau sduah parah biasanya tidak akan dapat bermain secara maksimal," jelas dia.

Namun meski dapat mengancam karier pesepakbola bukan berati cedera ini dapat dihindari. Berikut tips dan trik demi menghindari akan cedera ini.

342