Meramal Kekuatan dan Bintang Timnas Italia di Euro 2020

Rabu, 14 Desember 2016 16:09 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Di Euro 2016 kemarin, tim nasional Italia tanpa kehadiran gelandang elegan Andrea Pirlo, Marco Verratti dan Claudio Marchisio, perjalanan Gli Azzurri di kualifikasi cukup menjanjikan, yaitu 7 kali menang dan 3 imbang tanpa sekalipun menderita kekalahan.

Terlebih, di babak grup, Graziano Pellè dan kawan-kawan mampu keluar sebagai pemuncak klasemen. Mereka berhasil membungkam Belgia dengan skor 2-0 di laga pembuka serta membekuk Swedia dengan skor tipis 1-0. Satu pertandingan melawan Republik Irlandia memang berakhir dengan kekalahan, tapi tetap saja Italia berhak melaju ke babak berikutnya dengan status juara grup.

Selanjutnya di babak 16 besar, Simone Zaza dan kawan-kawan sanggup benamkan calon kuat peraih juara, Spanyol dengan skor 2-0. Namun harapan tetaplah harapan. Mimpi Italia untuk merengkuh gelar keduanya setelah pertama kali mereka dapat tahun 1968 silam harus pupus usai tumbang oleh Jerman di babak perempatfinal melalui babak penalti 

Kini seluruh peserta Euro yang kemarin tersingkir akan kembali berbenah menyiapkan turnamen antar negara terdekat, Piala Dunia 2018 di Rusia, tapi bagi Italia, rasa penasaran akan Euro yang sudah tidak lagi mampir selama 48 tahun di lemari trofi tim bakal tetap menjadi incaran utama.

Beruntung, Italia memiliki segudang talenta muda yang telah menjadi andalan di klubnya masing-masing, sebut saja Gianluigi Donnarumma. Bermain di AC Milan, penjaga gawang berusia 17 tahun itu bisa dikatakan sebagai pembuka gerbang bagi penikmat sepakbola betapa Italia memiliki bakat-bakat hebat yang diyakini akan menjadi bintang di masa depan, terutama bagi Timnas Gli Azzurri dalam beberapa tahun mendatang.

Donnarumma hanyalah satu dari lusinan pemain muda bertalenta yang dimiliki Milan. Masih ada Manuel Locatelli dan Alessio Romagnoli misalnya yang sudah didapuk sebagai pemain vital di San Siro.

Yang jelas, Tim Nasional Italia, sebagai tim yang sarat dengan sejarah persepakbolaan di Eropa bahkan dunia, diprediksi akan memiliki kekuatan besar - jika bukan Piala Dunia 2018 - di Euro 2020 mendatang. Perpaduan antara pemain muda dengan pemain berpengalaman di skuat Italia, ditambah dengan sentuhan tangan dingin pelatih kepala nantinya, bukan tidak mungkin gelar juara turnamen tertinggi antar negara se-Eropa akan kembali menghiasi lemari trofi untuk kedua kalinya melihat komposisi pemain yang dirangkum berikut ini.