On This Day

On This Day: Lahirnya Si Buntut Kuda Istimewa dari Italia, Roberto Baggio

Sabtu, 18 Februari 2017 19:25 WIB
Penulis: Rendy Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Roberto Baggio saat membela  Juventus era 1990-1995. Copyright: © Getty Images
Roberto Baggio saat membela Juventus era 1990-1995.

Pada tanggal 18 Februari 1967, atau 50 tahun silam, seorang bayi bernama Roberto Baggio lahir ke dunia. Bayi tersebut lahir dan besar menjadi seorang pesepakbola profesional yang namanya bersinar di dataran Eropa dan dunia.

Roberto Baggio merupakan pesepakbola yang menghabiskan sepanjang kariernya bermain untuk klub Italia. Terhitung 7 klub asal Italia pernah ia bela dari tahun 1982 hingga tahun 2004, ketika dirinya memutuskan untuk pensiun.

Klub Italia tersebut adalah L.R. Vicenza, Fiorentina, Juventus, AC Milan, Bologna, Inter Milan, dan Brescia. Namun, namanya lebih bersinar ketika berseragam Juventus, yang menjadi klub terlama yang ia bela.

Ketika masih aktif menjadi pesepakbola profesional, dirinya mendapat julukan unik, yaitu Il Divin Codino (The Divine Ponytail) karena rambut buntut kuda yang ia miliki dan juga agama yang ia anut.

Pesepakbola yang terkenal dengan tendangan bebas mematikan ini sebelumnya bermain dalam berbagai posisi di lini depan. Ia sempat menjadi seorang second striker meskipun posisi alaminya sebagai gelandang serang.

Di hari ulang tahun Roberto Baggio yang ke-50 ini, INDOSPORT telah merangkum beragam fakta unik kepada para pembaca setia untuk mengenang Il Divin Codino semasa hidupnya.

361