Pemkab Yahukimo Bangun Stadion di Tempat Bersejarah bagi Ferry Pahabol

Kamis, 29 Juni 2017 22:18 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Ardi Bayage/suarapapua
Lapangan sepakbola Yahukimo. Copyright: © Ardi Bayage/suarapapua
Lapangan sepakbola Yahukimo.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo berencana untuk membangun stadion sepakbola. Stadion tersebut akan dibangun di atas lapangan bebatuan yang dulu menjadi tempat berlatih Ferry Pahabol.

Lokasi tepatnya berada di Dekai, Kabupaten Yahukimo. Usai tim dari Kemenpora memantau langsung daerah tersebut ditemani oleh Pemda setempat, telah direstui pembangunan tak hanya stadion saja, tapi juga kompleks olahraga atau gedung olahraga (GOR).

“Beberapa turnamen sepakbola dan kegiatan olahraga biasa diadakan di lapangan ini. Lapangan sepakbola yang mau dibangun ini dulunya tempat Ferry Pahabol yang sekarang pemain Persipura, biasa latihan. Jadi, di sini kita akan bangun stadion dan GOR,” kata Andreas Gobai, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Yahukimo.

Baca juga:

Tahun ini, fokus pembangunan adalah fasilitas tenis, lapangan voli, kolam renang, dan lain-lain. Sementara untuk stadion baru akan mulai digarap per tahun depan.

Anan Kosim, kepala bidang sarana prasarana dan infrastruktur olahraga Kemenpora saat berkunjung ke Dekai, mengatakan, perlu dahulukan pembangunan skala kecil mengingat sekarang sudah bulan kelima, dana yang ada di Kemenpora jangan sampai dikembalikan ke kas negara.

Ini merupakan rekomendasi dari Anan Kosim, Kepala Bidang Sarana Prasaran dan Infrastruktur Kemenpora. Menurutnya, pembangunan skala kecil harus dikebut terlebih dahulu agar lebih cepat selesai.

“Maka, baiknya kita utamakan yang kecil. Kalau GOR dan stadion, Pemda bisa ajukan proposal untuk tahun anggaran 2018,” tuturnya.

© internet
Caption Copyright: internetFerinando Pahabol (Persipura Jayapura).

“Faktor pendukungnya adalah lahan. Di sini sudah ada lahan atau lokasinya. Ini luar biasa, supaya nanti pembangunannya lancar dikerjakan,” imbuh Kosim.

Andreas Gobai menjelaskan, karena lokasi sudah siap, terletak di jantung kota, harapan semua pihak segera memiliki lapangan sepakbola yang representatif akan terjawab. Untuk itu, pihaknya minta dukungan masyarakat dan berbagai kalangan.

Andreas Gobai pun berharap, dengan hadirnya lapangan sepakbola yang representatif di jantung kota, bisa lahir Pahabol baru di kemudian hari.

“Semoga ada Ferry-Ferry baru lahir dari lapangan ini nantinya,” kata Gobai.