Liga 1

Edy Rahmayadi Akan Hapus Regulasi Pemain Senior di Liga 1

Selasa, 11 Juli 2017 05:58 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© pssi.org
Ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi saat memberikan komentar kepada wartawan usai ikut latihan bersama skuat timnas U-22 dan U-19. Copyright: © pssi.org
Ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi saat memberikan komentar kepada wartawan usai ikut latihan bersama skuat timnas U-22 dan U-19.

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Edy Rahmyadi tengah menggodok rencana regulasi untuk setiap jenjang kompetisi sepakbola Indonesia. Nantinya, akan ada empat kasta dengan pembatasan usia pemain, kecuali di level teratas.

Empat level kompetisi tersebut adalah Liga 1, Liga 2, Liga 3 dan Liga 4. Itu merupakan rancangan untuk menjadikan sepakbola Indonesia ke arah yang lebih baik setiap tahunnya.

Khusus Liga 1, nantinya tidak akan ada penyekat usia pesepakbola seperti yang terjadi saat ini. Peserta kompetisi kasta teratas Liga Indonesia itu kini hanya diperbolehkan untuk mengontrak dua pemain yang berusia di atas 35 tahun.

Baca juga:

“Nanti Liga 1 boleh semua usia. Mungkin U-40,” ujar Edy kepada wartawan beberapa waktu yang lalu.

“Liga 2, dibatasi U-23. Liga 3 U-19, dan Liga 4 U-16. Jenjang kompetisi ini positif untuk Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI,” lanjutnya.

© pssi.org
Edy Rahmayadi saat ikut jalani latihan bersama Timnas U-22 dan U-19. Copyright: pssi.orgEdy Rahmayadi saat ikut jalani latihan bersama Timnas U-22 dan U-19.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu, jenjang level kompetisi yang ada nantinya bertujuan menyetarakan kualitas guna memasok pemain ke dalam Tim Nasional Indonesia. Edy mencontohkan, kualitas pemain kompetisi Liga 1 U-19 yang baru saja bergulir terpaut cukup jauh ketimbang penggawa Timnas U-19.

“Jarak Liga U-19 sekarang, dengan tima asuhan Indra Sjafri (pelatih Timnas U-19), jauh sekali. Nanti khusus Liga 3 yang berwenang adalah Askot (Asosiasi Kota) di daerah masing-masing. Dengan demikian, segala agenda AFC kita bisa dengan mudah ambil dari klub,” pungkas Edy.

IDS Emoticon Suka
Suka
32%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
5%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
41%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
5%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
3%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
14%