Piala Super Prancis

Monaco 1-2 PSG: Dani Alves Bawa PSG Juara!

Minggu, 30 Juli 2017 04:09 WIB
Editor: Rendy Gusti
 Copyright:

Babak Pertama

AS Monaco dan Paris Saint-Germain bertemu dalam Piala Super Prancis yang berlangsung di Stade de Tanger. Di babak pertama, kedua tim tampak saling jual beli serangan demi mendapatkan gol pertama lebih dahulu dari lawannya. PSG pun sesekali membalas tekanan dari AS Monaco melalui serangan balik.

Pada menit ke-7 Les Parisiens memiliki peluang untuk mencetak gol terlebih dahulu melalui Daniel Alves dan juga Edinson Cavani. Sayang, kedua pemain tersebut gagal memanfaatkan peluang yang ada untuk menjadi gol. Unai Emery melakukan sebuah hal gila dengan menempatkan Alves jauh di depan bersama dengan Edinson Cavani dan Javier Pastore.

© Anthony Dibon/Icon Sport
Adrien Rabiot berusaha mengejar Kylian Mbappe. Copyright: Anthony Dibon/Icon SportAdrien Rabiot berusaha mengejar Kylian Mbappe.

Setelah kehilangan beberapa pemain bintangnya, AS Monaco tampak mulai kesulitan meladeni permainan PSG di menit ke-20. Hal tersebut terlihat dari penguasaan bola yang lebih didominasi skuat asuhan Unai Emery.

Meskipun demikian, AS Monaco berhasil mencuri gol pertama lebih dahulu dari lawannya melalui Djibril Sidibe di menit ke-30. Melalui skema serangan balik, umpan cepat yang diperlihatkan pemain Monaco sampai ke kaki Sidibe yang berlari sendirian di barisan pertahanan PSG.

Dengan tenang, pesepakbola berusia 25 tahun itu mengelabui kiper PSG, Alphonse Areola dengan sepakan lambung yang tak mampu dihentikan mantan kiper Vilarreall itu, 1-0 untuk Monaco.

Setelah gol tersebut, kedua tim tak mampu menambah lagi pundi-pundi golnya di babak pertama. Wasit asal Moroko, Noureddine El Jaafari pun meniup peluit panjang tanda akhir babak pertama. AS Monaco berhasil unggul atas Paris Saint-Germain di Piala Super Prancis dengan skor 1-0.

Babak Kedua

AS Monaco langsung tancap gas begitu babak kedua dimulai. Striker gaek Monaco, Radamel Falcao kembali mengancam pertahanan Paris Saint-Germain. Mantan striker Manchester United itu mendapatkan kesempatan emas untuk menggandakan keunggulan. Sayang tandukannya masih belum menemui sasaran.

PSG mendapatkan kesempatan emas setelah mendapatkan tendangan bebas dalam jarak 28 m di menit ke-51. Mantan pemain Juventus dan Barcelona itu berhasil melesakkan si kulit bundar melewati pagar betis dan meluncur mulus ke dalam gawang. Pertandingan pun kembali berjalan imbang dengan skor 1-1.

Dani Alves kembali menjadi bintang setelah umpan matangnya disambut dengan tandukan keras Adrien Rabiot di menit ke-64. Mendapatkan umpan dari sisi kanan lapangan, Rabiot menanduk si kulit bundar ke dalam gawang AS Monaco yang dikawal oleh Danijel Subasic. PSG berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 atas AS Monaco.

Unggul atas tim tuan rumah membuat PSG semakin percaya diri. Serangan demi serangan pun mereka lancarkan ke arah barisan pertahanan AS Monaco. Skuat asuhan Leonardo Jardim hanya bisa bertahan dan memanfaatkan serangan balik untuk bisa meladeni permainan Les Parisiens.

Memasuki menit ke-82, pertandingan semakin panas setelah Marco Verratti dan Fabinho terlibat dalam aksi saling dorong. Wasit pun menghentikan pertandingan dan memberikan kedua pemain itu kartu kuning.

© FRANCK FIFE/AFP/Getty Images
Dani Alves dan Adrien Rabiot melakukan selebrasi bersama. Copyright: FRANCK FIFE/AFP/Getty ImagesDani Alves dan Adrien Rabiot melakukan selebrasi bersama.

Tambahan waktu 3 menit yang diberikan wasit pun tak mampu membuat skor berubah. Paris Saint-Germain berhasil menjuarai Piala Super Prancis setelah mengalahkan AS Monaco dengan skor 2-1.

Berikut susunan pemain AS Monaco kontra Paris Saint-Germain di Piala Super Prancis, Minggu 30 Juli 2017.

AS Monaco
Subasic; Kongolo, Jemerson, Glik, Toure; Lemar, Fabinho, Tielemans, Sidibe; Mbappe, Falcao
Cadangan: Jorge, Moutinho, Carrillo, Saint-Maximin, Benaglio, Lopes, Raggi
Pelatih: Leonardo Jardim

Paris Saint-Germain
Areola; Kurzawa, Silva, Marquinhos, Meunier; Rabiot, Motta, Verratti; Pastore, Cavani, Alves
Cadangan: Trapp, Kimpimbe, Matuidi, Guedes, Giovani, Jese Rodriguez, Christopher
Pelatih: Unai Emery

1.3K