Liga 1 Indonesia

Polisi Amankan Pelaku Penganiaya Ricko, Ridwan Kamil: Terima Kasih Polisi!

Selasa, 1 Agustus 2017 22:15 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Polrestabes Bandung berhasil mengamankan 5 orang yang diduga sebagai pelaku penganiaya Ricko Andrean. Kelimanya adalah WGF (19 tahun), AKH (17 tahun), GR (19 tahun), EM 23 tahun), dan S.

Namun, WGF dicurigai sebagai salah satu pelaku utama yang melakukan penganiayaan terhadap almarhum. Pasalnya pemuda asal Kabupaten Bandung ini diketahui menendang bagian dada Ricko, saat kejadian berlangsung, Sabtu (22/07/17) lalu.

© Polrestabes Bandung
Pelaku Pengeroyokan terhadap salah seorang bobotoh Ricko Andrean. Copyright: Polrestabes BandungPelaku pengeroyokan terhadap Ricko Andrean telah diamankan pihak Polrestabes Bandung.

Upaya dari pihak kepolisian ini kemudian mendapatkan apresiasi dari Ridwan Kamil. Wali Kota Bandung ini juga mengunggah foto para terduga pelaku di akun Instagram pribadinya.

"Terima Kasih Pak Kapolrestabes dan tim Serse yang sudah mengungkap kasus ini," tulis Kang Emil, sapaan akrabnya, dalam unggahan tersebut.

Selain itu, Kang Emil juga menyerukan pesan damai dalam foto tersebut. Menurut salah satu tokoh yang turut menjadi 'pengasuh' Persib ini, sudah saatnya kekerasan dalam sepakbola dihindari.

"Mari bersepakbola dengan rivalitas tanpa kriminalitas," tambahnya.

Tewasnya Ricko yang dikeroyok Bobotoh karena disebut melindungi seorang Jakmania ini memang mengundang sejumlah empati. Sejumlah Jakmania dan Bobotoh pun sempat membuat seruan damai usai tragedi ini.

Demikian pula para petinggi yang mengayomi sepakbola nasional. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), PSSI, dan pihak Kepolisan RI juga telah menginisiasi sebuah aksi islah bagi para suporter sepakbola.

1.1K