Klub Tertua di Dunia Kritik Transfer Neymar ke PSG

Jumat, 4 Agustus 2017 12:51 WIB
Penulis: Agus Dwi Witono | Editor: Joko Sedayu
© laprensa.hn
Pemain anyar PSG, Neymar. Copyright: © laprensa.hn
Pemain anyar PSG, Neymar.

Kepindahan Neymar Jr dari Barcelona ke Paris Saint-Germain memang menarik perhatian banyak pihak. Terlebih, proses perpindahan ini telah menjadikan Neymar sebagai pemain termahal di dunia dengan nilai 222 juta euro (Rp 3,5 triliun).

© globoesporte.globo.com
Jersey Neymar. Copyright: globoesporte.globo.comJersey Neymar di PSG.

Ada yang berdecak kagum, ada juga yang berkabung. Sheffield FC adalah salah satu pihak yang kecewa dengan proses transfer Neymar. Bukan perpindahannya yang dipermasalahkan Sheffield, tapi jumlah uangnya yang begitu besar dan bisa berdampak buruk bagi sepakbola di masa depan. 

Hal ini terungkap dalam sebuah surat terbuka dari Sheffield yang dibagikan oleh akun Twitter @MikeMinay. Sheffield yang merupakan klub sepakbola pertama di dunia, cemas dengan masa depan sepakbola.

Dalam surat yang ditujukan kepada Neymar dan PSG tersebut, Sheffield menyebut bahwa sepakbola bukanlah sekadar uang dan ketenaran. Lebih dari itu, sepak bola adalah simbol persatuan dari seluruh orang yang ada di dunia.

Sepakbola bukan hanya cek bernilai jutaan dolar, tapi juga menyangkut jutaan fans dan para pemain amatir di dunia. Karena itu, sebagai founding fathers dari sepak bola, Sheffield punya kewajiban untuk mengingatkan semua pihak untuk menjaga tiga poin penting dalam sepak bola: rasa hormat, integritas, dan komunitas.

© gazetaesportiva.com
Sheffield FC. Copyright: gazetaesportiva.comSheffield FC berdiri pada 24 Oktober 1857.

Sheffield tidak berharap para pemain muda yang tengah berkembang saat ini  menjadikan fenomena Neymar sebagai role model. Karena role model sesungguhnya adalah mereka yang bermain dengan seluruh jiwa dan raga di atas lapangan.

1.5K