Piala Super Eropa

Madrid vs Man United: 5 Debutan yang Siap Dinantikan di Piala Super Eropa

Selasa, 8 Agustus 2017 05:26 WIB
Penulis: Panca Putra Pamungkas | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Fan Zone untuk Piala Super Eropa Copyright: © Getty Images
Fan Zone untuk Piala Super Eropa

Real Madrid akan berhadapan dengan Manchester United demi memperebutkan Piala Super Eropa (UEFA Super Cup) 2017. Laga ini akan berlangsung pada Rabu (09/08/17), dini hari WIB. Pertandingan tersebut akan dilangsungkan di National Arena Filip II, Makedonia.

Tahun 2017 ini akan menjadi edisi ke-42 untuk laga yang mempertemukan juara Liga Champions dengan juara Liga Europa tersebut. El Real menjuarai Liga Champions 2016/2017 dengan menekuk Juventus 4-1 di final. Sementara MU adalah pemenang Liga Europa 2016/2017, dengan mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0.

Baik Real Madrid maupun Man United punya beberapa personel baru yang debut resminya siap dinantikan di laga tersebut.

© Indosport
Fan Zone untuk Piala Super Eropa Copyright: IndosportFans Zone untuk Piala Super Eropa

Kedua kesebelasan sendiri cukup aktif di bursa transfer musim panas ini. Man United telah mendatangkan pemain dengan nama besar, sedangkan tim ibu kota Spanyol yang dikenal kerap mendatangkan pemain mahal itu, di musim panas ini justru terlihat bersahaja karena baru mendatangkan dua pemain muda. Pertandingan keduanya nanti menjanjikan penampilan 5 pemain debutan.

Dua pemain baru Real Madrid adalah bek kiri Theo Hernandez yang digaet dari Atletico Madrid dan pemain terbaik Piala Eropa U-21 2017, Dani Ceballos. Keduanya ikut disertakan sang pelatih, Zinedine Zidane dalam perjalanan ke Eropa Selatan ini.

Theo Hernandez tidak benar-benar merasakan masuk ke skuat utama Los Rojiblancos hingga akhirnya menyeberang ke Santiago Bernabeu. Klub yang memberikan debut penampilannya di La Liga adalah Alaves, tim yang ia perkuat selama masa peminjaman, pada 28 Agustus 2016. Tanggal itu akan terus dikenangnya sehingga diukir sebagai tato di jari-jari tangan kanannya, "28816".

© Indosport
The Hernandez saat diperkenalkan Real Madrid Copyright: IndosportThe Hernandez saat diperkenalkan Real Madrid

Di kesebelasan dari Barat Laut Inggris, ada Romelu Lukaku yang didatangkan ke Theatre of Dreams dengan mahar senilai 75 juta poundsterling atau lebih dari Rp1,29 triliun dari Everton. Penyerang berkebangsaan Belgia ini akan memimpin barisan lini serang Setan Merah. Selama pramusim, mantan pemain Chelsea itu tampil cukup menjanjikan dengan catatan 3 gol dari 7 pertandingan.

© Manutd
Romelu Lukaku, striker anyar Man United. Copyright: ManutdRomelu Lukaku, striker anyar Man United.

Mantan pemain Chelsea lainnya yang didatangkan MU adalah Nemanja Matic. Pemain asal Serbia ini andal dalam menutup ruang dan punya kelebihan dalam hal bertahan dan diprediksi jadi pilihan utama Mourinho di lini tengah. Gaya lamban, tapi efektif inilah yang membuatnya berada di bawah bayang-bayang N'Golo Kante, duetnya di lini tengah Chelsea musim lalu. 

Namun, statistik yang dihimpun dari Squawka menunjukkan, 49 persen duel berhasil Matic menangi, jauh mengungguli Kante yang hanya mencapai 41 persen. Juga akurasi tembakan, di mana Matic kembali unggul 54 persen berbanding 41 persen.

Sementara di lini pertahanan, MU punya energi baru di diri Victor Lindelof yang didaratkan dari Benfica. Kemungkinan, pemain berusia 23 tahun itu akan berduet dengan Chris Smalling saat melawan Real Madrid nanti.

Pasalnya, Erick Bailly dan Phil Jones tengah menjalani sanksi larangan bertanding. Bailly akibat kartu merah yang diterimanya di final Liga Europa, sementara Phil Jones akibat kekerasan verbal kepada petugas antidoping selepas pertandingan final Liga Europa. Duet Lindelof-Smalling ini tampil di 5 laga pramusim dan gawang MU yang dijaga De Gea hanya kebobolan 3 kali.

Kelima pemain di atas tadi memang sempat tampil dalam sejumlah laga pramusim, seperti di ajang International Champions Cup 2017 lalu beberapa di antaranya sudah menjajal kekuatan. Akan tetapi debut yang sebenarnya adalah di kompetisi resmi macam Piala Super Eropa ini.

7.4K