Piala Super Eropa

Gol Casemiro Offside atau Onside? Coba Lihat Lagi Video Ini

Rabu, 9 Agustus 2017 12:45 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Real Madrid berhasil mempecundangi Manchester United dengan skor 2-1 pada laga Piala Super Eropa 2017 yang berlangsung di Telekom Arena, Macedonia, Rabu (09/08/17) dini hari WIB. Dua gol Madrid masing-masing dicetak oleh Casemiro dan Isco, sedangkan gol tunggal United dicetak Romelu Lukaku.

Di sepanjang babak pertama, Madrid tampil cukup dominan lantaran trio gelandang mereka, Luka Modric, Toni Kroos, dan Casemiro berhasil mengendalikan permainan. Satu gol Madrid yang dicetak Casemiro di menit ke-24 pun menjadi bukti superioritas Los Blancos di paruh pertama.

© Twitter/@Squawka
Real Madrid vs Man United. Copyright: Twitter/@SquawkaReal Madrid vs Man United.

Sayangnya, gol yang dicetak gelandang asal Brasil itu dianggap sudah dalam posisi offside. Saat Dani Carvajal melepaskan umpan terukur, banyak yang menilai posisi Casemiro berada sedikit lebih maju dari posisi Chris Smalling dan Victor Lindelof, yang akhirnya dianggap offside.

Jika dilihat dalam video tayangan ulang, posisi kaki Smalling tampak berada di depan seluruh bagian tubuh Casemiro, kecuali tangan, di garis akhir perhitungan offside.

© Twitter/@ChampionsLeague
Real Madrid vs Man United. Copyright: Twitter/@ChampionsLeagueReal Madrid vs Man United.

Perlu diketahui, keberadaan tangan Casemiro memang sudah melewati garis sejajar dengan Smalling, namun tangan sendiri tak masuk dalam perhitungan aturan offside. Jadi, Casemiro berada dalam posisi onside jika melihat situasi tersebut.

Meski begitu, pelatih United, Jose Mourinho, tetap saja tak puas dengan keputusan wasit yang mengesahkan gol Casemiro. Pelatih asal Portugal itu menilai laga seharusnya berakhir imbang 1-1 di waktu normal sehingga dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

© INDOSPORT
Real Madrid juara Super Eropa 2017 Copyright: INDOSPORTReal Madrid juara Super Eropa 2017

“Mereka mencetak gol ketika mereka pantas mencetak gol. Itulah ketika mereka mendominasi, memainkan yang terbaik dan menciptakan kesulitan untuk kami. Tapi golnya offside,” kata Jose Mourinho usai laga melawan Madrid.

Namun, terlepas dari perdebatan offside atau tidaknya gol tersebut, wasit yang memimpin laga, Gianluca Rocchi, tetap mengesahkan gol Casemiro. Dan Madrid berhasil meraih gelar juara Piala Super Eropa 2017.

2.3K