Liga 1

Persija Mendapat Giliran Dipimpin Wasit Asing

Jumat, 11 Agustus 2017 02:29 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persija Jakarta Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persija Jakarta

Keluhan Persija Jakarta terkait kepemimpinan wasit lokal di beberapa pertandingan terakhir sepertinya direspons oleh PSSI dan operator kompetisi Gojek Traveloka Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Melawan Persiba Balikpapan pada pekan ke-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu, (12/08/17) besok, wasit asing bakal memimpin jalannya pertandingan tersebut.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Persija Jakarta dan Bhayangkara FC bersitegang. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPersija Jakarta (merah) saat melawan Bhayangkara FC beberapa pekan yang lalu.

Panitia Pelaksana (Panpel) Persija telah menerima daftar wasit yang akan memimpin pertandingan Persija versus Persiba. Tiga wasit asing yang ditugaskan berasal dari Kyrgystan.    

“Kami sudah menerima daftar wasit yang memimpin laga Persija vs Persiba, pada hari ini. Sudah kami beritahukan kepada anggota panpel yang bertugas khusus untuk mengurus akomodasi wasit selama bertugas di Bekasi,” jelas Ketua Panpel Persija, Arief Perdana Kusuma dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

Lebih lanjut Arief mengatakan, pihaknya akan menyediakan pelayanan yang maksimal kepada wasit asing. Dengan begitu, dia berharap pengadil pertandingan dapat melakukan tugasnya dengan jujur dan tegas.

© PSSI
Para wasit asing asal Australia yang akan memimpin Liga 1. Copyright: PSSIPara wasit asing asal Australia yang akan memimpin Liga 1 beberapa waktu lalu.

“Tujuannya jelas, agar wasit yang bertugas sesuai dengan rule yang ada pada laws of the game. Tidak ada motif lain,” terang Arief.

Sebelumnya, kepemimpinan wasit asing mendapat banjir pujian pada laga Persib Bandung melawan PS TNI di pekan ke-18 Liga 1. Kuartet wasit asal Australia, Shaun Robert Evans, Brown Wilson Kenneth, Lakrindis George dinilai tegas dalam mengambil setiap keputusan.

“Kami harapkan adanya wasit asing ini akan membuat pertandingan lebih enak ditonton dan berkualitas. Lalu, laga akan berlangsung nyaman dan aman untuk semua pihak. Sekali lagi, kami minta kerja sama dari semua pihak. Mari menjadi tuan rumah yang baik dan contoh bagi yang lain,” tutup Arief.

436