SEA Games 2017

Dukung Timnas, Bendera Merah Putih Raksasa Siap Dikibarkan di Malaysia

Senin, 14 Agustus 2017 14:41 WIB
Editor: Ramadhan
© Herry Ibrahim/INDOSPOSRT
Suporter Timnas Indonesia kibarkan bendera Merah Putih di Stadion Pakansari, Bogor. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPOSRT
Suporter Timnas Indonesia kibarkan bendera Merah Putih di Stadion Pakansari, Bogor.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia bakal mendapatkan dukungan penuh dari suporter sepakbola nasional selama tampil di ajang SEA Games 2017 yang berlangsung di Malaysia. Tak tanggung-tanggung, beberapa kelompok suporter akan bersatu memberikan dukungan untuk Skuat Garuda.

Sejumlah suporter yang tergabung dalam Aliansi Suporter Indonesia bahkan telah menyiapkan bendera merah putih raksasa untuk mendukung Timnas Indonesia dalam pertandingan sepakbola SEA Games ke-29 tersebut.

“Banyak hal yang telah kami siapkan untuk mendukung Timnas di SEA Games ini termasuk bendera merah putih 20 x 30 meter yang sudah kami gagas sejak enam bulan yang lalu," ujar Koordinator Aliansi Suporter Indonesia, Aditia Dulo di Kuala Lumpur, seperti dilansir Antara.

© Twitter/@PSSI_Fai
Timnas Indonesia U-22 Copyright: Twitter/@PSSI_FaiTimnas Indonesia U-22

Dia mengatakan sejumlah komunitas suporter siap memberikan dukungan di antaranya Bonek Malaysia, Ultras Gresik Malaysia, Kediri Extreem Malaya, Bobotoh Malaya, Kconk Mania Malaysia, dan berbagai suporter klub Indonesia yang berada di Malaysia.

"Tentang dukungan dana sejauh ini belum ada dukungan dari pihak manapun, semuanya berasal dari inisiatif teman-teman sendiri dari biaya hingga tenaga," katanya.

© FB PSTI
Ignatius Indro, Ketua Umum Paguyuban Suporter Timnas Indonesia. Copyright: FB PSTIIgnatius Indro, Ketua Umum Paguyuban Suporter Timnas Indonesia.

Dia menghimbau supaya teman-teman suporter yang memang bekerja di Malaysia atau teman-teman suporter yang datang dari Indonesia dapat bergabung dengan pihaknya dan berkumpul di Gapura Stad Shah Alam dua jam sebelum kick-off dimulai.

"Mengenai tiket, kami juga dapat membantu untuk mengakomodir secara kolektif," kata Koordinator Bonek Malaysia tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Pengurus Aliansi Suporter Indonesia lainnya, Luki Ardianto mengatakan kehadiran aliansi di Malaysia ini salah satu tujuan utamanya agar suporter Indonesia tidak terpecah seperti dulu.

© Twitter/@pssi__fai.
Suporter Timnas Indonesia. Copyright: Twitter/@pssi__fai.Suporter Timnas Indonesia.

"Terpecah dalam arti 'koordinasi', maka dari itu kami dari kemarin terus menjajaki komunitas suporter klub Indonesia di Malaysia untuk bergabung dan menjadi satu untuk mendukung Indonesia dalam satu wadah dan satu warna," katanya.

Koordinator Kediri Xtreme pendukung Persik Kediri ini mengajak komunitas suporter Indonesia di Malaysia bergabung dengan aliansi.

"Kita Bersatu untuk Indonesia, hilangkan rivalitas, karena Indonesia itu lebih utama. Kita bersama membuktikan bahwa kita bisa bersatu dalam panji merah putih. Ayo Dukung Indonesia. Simpan dulu atribut klub. Mari kita merahkan tribun penonton di setiap laga Indonesia dengan gaungan 'Indonesia Bisa'," tandasnya.

Berikut Jadwal Laga Timnas Indonesia di SEA Games 2017:
Selasa (15/08/17), Timnas Indonesia vs Thailand, Stadium Shah Alam, pukul 16.00.
Kamis (17/08/17), Timnas Indonesia vs Filipina, Stadium Shah Alam, pukul 16.00.
Minggu (20/08/17), Timnas Indonesia vs Timor Leste, Stadium Selayang, pukul 16.00.  
Selasa (22/08/17), Timnas Indonesia vs Vietnam, Stadium Selayang, pukul 16.00.
Kamis (24/08/17), Timnas Indonesia vs Kamboja, Stadium Shah Alam pukul 16.00.

7.6K