Berbeda dengan Ronaldo, Dorongan Messi Tak Berbuah Hukuman

Selasa, 15 Agustus 2017 00:28 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Tentu kita mengetahui bahwa megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, harus menerima hukuman larangan lima pertandingan akibat tindakannya kala mengalahkan Barcelona 3-1 di Camp Nou, pada Senin (14/08/17) dini hari WIB.

Kala itu mantan pemain Manchester United tersebut mendorong sang pengadil lapangan, Ricardo De Burgos, pasca menerima kartu kuning kedua setelah dirinya dianggap melakukan diving. Hal tersebut dilakukannya karena terkejut dengan kartu merah yang diterimanya.

Sejatinya, Ronaldo hanya menerima larangan satu kali pertandingan. Namun akibat dari dorongan yang dilakukannya kepada wasit, dirinya terkena sanksi karena melanggar pasal 96 dari kode kedisiplinan. Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) pun memberikan larangan empat pertandingan.

“Pertama, Cristiano Ronaldo akan dihukum satu pertandingan setelah menerima dua kartu kuning. Kartu pertama di dapatnya ketika melepas jersey-nya, dan kartu kedua saat melakukan diving,” tulis pernyataan resmi RFEF, dikutip dari ESPNFC.

“Kedua, Ronaldo dilarang empat pertandingan karena melanggar pasal 96 dari kode kedisiplinan, bersama dengan denda 1.400 euro untuk klub dan 3.005 euro untuk sang pemain,” tambahnya.

Namun ternyata, hal serupa pernah dilakukan oleh megabintang Barcelona, Lionel Messi, dalam laga El Clasico di tahun 2009. Bermain di Santiago Bernabeu, Messi sempat melakukan dorongan kepada wasit karena tidak memberikan pelanggaran kepada Raul Gonzalez yang secara kasar merebut bola dari kakinya.

Beruntung untuk La Pulga. Aksinya tersebut ternyata tidak membuahkan hukuman apapun kepada dirinya. Seusai pertandingan pun, dirinya tidak mendapatkan sorotan dari RFEF perihal aksinya tersebut.

Sontak, para warganet di media sosial Twitter pun membanding-bandingkannya dengan apa yang menimpa Ronaldo. Beberapa di antara mereka menganggap bahwa hal tersebut tidaklah adil.

“Saya harap ini adalah bukti kuat bila bermain melawan Barcelona sama saja dengan melawan 12 orang. Ronaldo mendapatkan 5 laga larangan bermain, Messi tidak mendapatkan apapun. #UEFALONA,” tulis seseorang dengan akun @_daevoo.

“2009: tidak ada hukuman untuk Messi. 2017: hukuman larangan bertanding 5 laga untuk Ronaldo,” tulis admin dari akun @GeniusFootball.

Bahkan, seorang warganet pun justru meminta untuk memberikan hukuman kepada sang wasit karena telah salah dalam membuat keputusan, yang berujung pada kartu kuning kedua yang diterima oleh Ronaldo.

“Wasit harus mendapatkan hukuman atas keputusan kartu merah yang diberikan kepada Ronaldo,” ucap seseorang dengan akun @VishwarajGaonk3.

4K