SEA Games 2017

Febri Hariyadi, Petuah 'Keramat' Sang Ayah dan Timnas Indonesia

Rabu, 16 Agustus 2017 20:39 WIB
Editor: Ramadhan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Febri Hariyadi dalam balutan seragam Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Febri Hariyadi dalam balutan seragam Timnas Indonesia.

Febri Hariyadi saat ini tengah berjuang keras membawa nama baik negara dan bangsa di gelaran SEA Games 2017 yang berlangsung di Malaysia. Febri diharapkan bisa memberikan kemampuan terbaiknya untuk Timnas Indonesia U-22 serta tetap merendah dan tak sombong.

Setidaknya pesan dan petuah itulah yang muncul dari mulut ayah Febri Hariyadi, R. Bambang Sutrisno. Sang ayah menaruh harapan besar di pundak Febri agar tetap menjadi sosok yang tak berubah meski sudah mulai tumbuh sebagai salah satu bintang muda sepakbola Indonesia.

Febri sendiri muncul sebagai salah satu pemain muda Persib Bandung yang bersinar dalam setahun terakhir. Berkat kemampuannya di atas rata-rata, Febri yang merupakan jebolan Diklat Persib U-21 ini akhirnya dipanggil Luis Milla untuk bergabung dengan Timnas U-22.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Febri Haryadi mendapat kawalan ketat dari kedua pemain Persita Tengerang. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTFebri Haryadi mendapat kawalan ketat dari kedua pemain Persita Tengerang.

Maka dari itu, prestasi Febri bisa menembus Skuat Garuda Muda diharapkan tak mempengaruhi pembawaanya sebagai pribadi yang rendah hati. Sang ayah pun ingin Febri tetap membumi dengan pencapaian yang ia ukir saat ini.

“Saya menyarankan anak saya agar dulu dengan sekarang tetap sama. Setelah muncul jangan berubah. Jangan sombong," ujar Bambang Sutrisno dikutip dari Inilahkoran.com.

Sebagai seorang ayah, Bambang selalu memantau perkembangan dan berita Febri termasuk dari media sosial. Dari banyaknya berita yang beredar, tentu banyak pihak pula yang tak senang dengan sosok Febri, meski banyak pula yang mendukung.

© banjarmasin.tribunnews.com
Febri Hariyadi dalam balutan seragam Timnas Indonesia. Copyright: banjarmasin.tribunnews.comFebri Hariyadi dalam balutan seragam Timnas Indonesia.

Meski begitu, sang ayah berharap Febri bisa memiliki mental yang kuat untuk menerima segala resiko yang muncul. Karena, tak selamanya menjadi bintang harus selalu mendapatkan pujian.

“Saya sering mengikuti perkembangan di media sosial. Memang resiko menjadi pemain. Bagus dipuji dan jelek dikritik. Mentalnya dia sudah siap," kata dia.

Febri sendiri kabarnya sempat menjadi incaran klub Liga 1, Bali United. Namun, sang ayah tak terlalu memikirkan kabar burung tersebut dan ingin Febri tetap fokus untuk membela Timnas Indonesia, termasuk juga bersama Persib.

“Jangan terpengaruh. Fokus ke Persib. Kalau dipanggil Timnas lain lagi," ucapnya.

© HERRY IBRAHIM/INDOSPORT
Pemain asal Persib Bandung, Febri Hariyadi (tengah) pada seleksi tahap ketiga Timnas U-22. Copyright: HERRY IBRAHIM/INDOSPORTPemain asal Persib Bandung, Febri Hariyadi (tengah) pada seleksi tahap ketiga Timnas U-22.

Saat menghadapi Thailand pada laga perdana Grup B SEA Games 2017 kemarin, Febri tampil sebagai starter dan hanya bermain selama 60 menit. Meski begitu, Febri dan kawan-kawan mampu menahan imbang Gajah Perang dengan skor 1-1.

“Yang jelas orang tua berharap dia terus bisa meningkat. Bisa dipercaya di Timnas terutama di klub,” pungkasnya.

Febri pun saat ini tengah bersiap menghadapi laga selanjutnya bersama Timnas U-22 saat menghadapi Filipina. Laga tersebut bakal berarti penting lantaran bertepatan dengan hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-72, 17 Agustus 2017.

2