SEA Games 2017

Rating Pemain Timnas U-22 Melawan Timor Leste

Senin, 21 Agustus 2017 13:28 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hansamu Yama, Septian David Maulana, dan Marinus Wanewar. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hansamu Yama, Septian David Maulana, dan Marinus Wanewar.

Kemenangan kembali diraih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 di SEA Games 2017 Malaysia. Menghadapi Timor Leste pada pertandingan ketiga Grup B, di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Minggu (20/08/17), Garuda Muda, julukan Timnas U-22, unggul tipis 1-0.

Gol semata wayang Timnas U-22 dicetak oleh striker Marinus Wanewar di menit ke-22. Memanfaatkan umpan silang Septian David Maulana, kepala pemain asal Persipura Jayapura itu berhasil mengonversikannya menjadi gol.

Pelatih Luis Milla Aspas kembali melakukan rotasi pada pertandingan itu. Lima pemain yang tidak menjadi starter kala melumat Filipina 3-0 pada partai sebelumnya, bermain sejak awal melawan Timor Leste.

Mereka adalah Gavin Kwan Adsit, Hanif Sjahbandi, Osvaldo Haay, Febri Hariyadi, dan Marinus Wanewar. Kelima pemain itu dipercaya mengisi pos yang ditinggalkan Putu Gede Juni Antara, Muhammad Hargianto, Saddil Ramdani, Yabes Roni, dan Ezra Walian.

© Twitter@imam_nahrawi
Selebrasi pemain Indonesia setelah Marinus Wanewar berhasil mencetak pada menit ke-21. Copyright: Twitter@imam_nahrawiSelebrasi pemain Indonesia setelah Marinus Wanewar berhasil mencetak pada menit ke-21.

Garuda Muda bermain gugup pada 15 menit awal pertandingan. Sukar dipercaya, Timor Leste berani melakukan pressing ketat kepada penggawa Timnas U-22.

Namun, kejadian itu hanya terjadi pada seperempat awal laga. Setelahnya, Garuda Muda penuh menguasai pertandingan.

Memasuki babak kedua, pertandingan berlangsung panas. Puncaknya, friksi terjadi antara kedua tim di menit-menit akhir pertandingan. Tidak tegasnya wasit yang memimpin jalannya laga membuat penggawa Timor Leste mudah melancarkan permainan keras. 

Wasit, Nagor Amir Bin Noor Mohamed kemudian memberikan kartu merah kepada bek Timor Leste, Filipe Oliveira karena diduga menjadi biang keributan. Tak dinaya, insiden itu juga mengorbankan gelandang Timnas U-22, Evan Dimas yang diganjar kartu kuning. Alhasil, pemain Bhayangkara FC tersebut akan absen pada pertandingan genting Garuda Muda melawan Vietnam, Selasa (22/08/17).

© Istimewa
Aksi kericuhan antara pemain Timor Leste dan indonesia. Copyright: IstimewaAksi kericuhan antara pemain Timor Leste dan indonesia.

Dari segi penampilan, Timnas U-22 tidak bermain sebaik kala mengalahkan Filipina. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Seperti kelelahan karena jeda pendek antar-pertandingan, rotasi pemain, dan buruknya kepemimpinan wasit.

Berikut nilai para penggawa Timnas U-22 kala melawan Timor Leste hasil rangkuman INDOSPORT:
 

1.2K