SEA Games 2017

Aksi Menyamar Suporter Indonesia Jadi Sorotan Sederet Media Malaysia

Rabu, 30 Agustus 2017 09:25 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Baru-baru ini publik sempat dihebohkan dengan aksi nekat salah satu suporter Indonesia yang menyelinap di tengah-tengah suporter Malaysia pada pertandingan sepakbola di SEA Games 2017. Pria yang diketahui bernama Andri Suwarno itu nekat melakukan penyamaran dan kini jadi sorotan.

Media di Malaysia pun ikut memberitakan aksi nekat Andri Suwarno yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) itu, karena menyamar dan duduk bersama suporter Malaysia, Ultras Malaya. Kejadian itu sendiri terjadi pada laga semifinal antara tuan rumah Malaysia melawan Indonesia.

© facebook/Andri.Suwarno
Andri Suwarno pendukung Timnas Indonesia yang menyamar jadi suporter Malaysia Copyright: facebook/Andri.SuwarnoAndri Suwarno pendukung Timnas Indonesia yang menyamar jadi suporter Malaysia

Media asal Negeri Jiran yang dimaksud adalah Harian Metro. Media yang berbasis di Kuala Lumpur itu melaporkan suporter yang bernama Andri Suwarno menjadi viral di Facebook usai memposting foto dan video yang menunjukkan dirinya tengah berada di tengah-tengah suporter Malaysia.

Selama berbaur dengan suporter Malaysia, Andri sendiri bergerak cukup leluasa memantau situasi yang terjadi di sekitarnya. Andri merasa cukup aman karena memang ia melakukan penyamaran dengan cukup baik.

Andri mengaku sengaja berpakaian seperti orang Malaysia termasuk membawa bendera jalur gemilang supaya dapat duduk bersama pasukan sorak Ultras Malaya. Tak hanya itu, Andri juga memuji sikap suporter Malaysia yang terlihat santun selama berada di tribun.

© facebook/Andri.Suwarno
Sebelum pertandingan semifinal Ultras Malaya salat berjamaah agar Timnas Malaysia menang Copyright: facebook/Andri.SuwarnoSebelum pertandingan semifinal Ultras Malaya salat berjamaah agar Timnas Malaysia menang

“Seperti beberapa gambar yang sempat direkam, saya melihat pendukung Malaysia sangat intelek, berpendidikan dan tidak bersikap negatif terhadap pihak lain,” ujar Andri Suwarno.

Pada momen tersebut, Andri juga melihat suporter Malaysia menunaikan sholat maghrib secara berjamaah sebelum pertandingan dimulai. Mereka juga sekaligus mendoakan keberhasilan Malaysia dalam pertandingan sepakbola.

Beberapa foto yang diunggah Andri di akun Facebook mendapat reaksi positif banyak orang dari kedua negara sehingga aksi dirinya benar-benar viral di dua negara. Meski begitu, Andri sendiri menjelaskan tindakannya bukan bermaksud tidak baik kepada Malaysia sebaliknya hanya ingin melihat keadaan yang sebenarnya.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETUltras Malaya.

“Ternyata jauh berbeda dengan yang digembar-gemborkan di media sosial yang kebanyakan menggambarkan suasana negatif pendukung Malaysia sepanjang SEA Games,” sambung Andri.

Setelah ditelusuri, tak hanya Harian Metro saja yang memberitakan aksi nekat Andri Suwarno pada laga Malaysia vs Indonesia tersebut. Sejumlah media Malaysia lainnya seperti MStar, VitDaily, OhBulan!, hingga Malaysia Gazette ikut memberitakan soal aksi menyamar Andri.

2.7K