Hati-hati Indonesia, Fiji Pernah Cetak 38 Gol dalam Satu Laga

Kamis, 31 Agustus 2017 20:52 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Irfan Fikri
© sportstg
Timnas Fiji. Copyright: © sportstg
Timnas Fiji.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi laga persahabatan melawan Timnas Fiji yang akan digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu (02/09/2017).

Jika berkaca pada peringkat FIFA, Indonesia masih lebih baik dari Fiji. Timnas Indonesia berada di peringkat 175, sementara Fiji menempati posisi 181. Di atas kertas, kualitas para pemain Indonesia masih berada di atas Fiji.

Namun tahukah Anda Timnas Fiji pernah mencetak 38 gol dalam satu laga? Pesta gol tersebut terjadi pada tahun 2015 atau dua tahun silam.

© Istimewa
Pemain Timnas Fiji saat melakukan latihan. Copyright: IstimewaPemain Timnas Fiji saat melakukan latihan.

Dilansir dari SB Nation, Timnas Fiji melumat Timnas Federasi Micronesia dengan skor 38-0 pada pertandingan kompetisi Pesta Olahraga Pasifik di Bisini Soccer Ground 1, Port Moresby, Papua Nugini, pada 5 Juli 2015.

Bahkan, pada babak pertama mereka sudah unggul 21-0. Selanjutnya di babak kedua, kiper Micronesia, Dominic Gadad, kembali harus memungut bola dari gawangnya sebanyak 17 kali.

Dua punggawa Fiji, Antonio Tuivana  dan Christopher Wasasala menjadi bintang di laga tersebut. Antonio Tuivana mencetak 10 gol untuk Fiji, sementara Wassala mencetak 9 gol. Namun sayang kemenangan telak Fiji tidak tercatat sebagai rekor kemenangan terbesar di laga internasional. Pasalnya, Timnas Micronesia tidak tercatat sebagai anggtota FIFA.

Rekor kemenangan terbesar sendiri masih dipegang oleh Timnas Australia. The Socceroos meraih kemenangan 31-0 dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2002 di Stadion Coffs Harbour, 11 April 2011.

4.3K