Kalah Telak dari Spanyol, Ventura: Hal yang Manusiawi

Minggu, 3 September 2017 05:44 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© getty images
Gian Ventura, pelatih Timnas Italia. Copyright: © getty images
Gian Ventura, pelatih Timnas Italia.

Hasil buruk yang dituai Timnas Italia saat bertemu Spanyol di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018, Minggu (03/09/17) dini hari memang tak bisa diubah. Italia kini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup G kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Gli Azzurri tertinggal tiga poin dari Spanyol yang berada di puncak klasemen sementara.

Tentu saja sosok yang paling mendapat sorotan adalah pelatih Gian Piero Ventura. Terutama soal perubahan formasi yang dilakukan Ventura saat menghadapi Spanyol. Mengenai hal ini, Ventura berdalih bahwa hasil yang didapat saat melawan Spanyol akan menjadi pengalaman penting bagi skuat Italia.

© INDOSPORT
Pelatih Timnas Italia, Gian Ventura Copyright: INDOSPORTPelatih Timnas Italia, Gian PieroVentura

"Perubahan ini memang menjadi polemik. Ada pertandingan yang tidak bisa Anda ubah. Kekalahan ini menjadi sebuah pengalaman bagi kami. Kini kami akan menganalisis pertandingan tadi dan mencari apa saja yang bisa ditingkatkan," kilah Ventura kepada Rai.

Dia menambahkan,"Jika hasil pertandingan tadi memberi dampak terhadap kepercayaan diri pemain, maka itu artinya kami kurang kompetitif. Saya tidak percaya hal itu. Kami memang tidak tampil dengan baik, dan ini justru akan memberi dorongan untuk terus berkembang. Pertandingan berikutnya harus menjadi laga penting bagi kami."

Ventura mengakui jika Spanyol bermain lebih baik dibanding Italia. Terutama karena Italia melakukan sejumlah kesalahan yang justru memberi Spanyol peluang untuk mencetak gol.

"Kami memberi mereka kesempatan yang berasal dari kesalahan kami sendiri. Di babak pertama kami ketinggalan dua gol tanpa pernah melakukan tembakan ke gawang mereka. Apalagi kiper Spanyol setidaknya membuat tiga penyelamatan yang sebenarnya bisa membuat kami kembali ke level pertandingan yang sama dengan lawan. Kini seperti manusia biasa," pungkas Ventura.

942