PIALA AFF U-18 2017

Layak Jadi Man of The Match, Ini Angka-angka Gemilang Feby Eka Putra Kontra Filipina

Jumat, 8 September 2017 13:01 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Feby Eka Putra. Copyright: © PSSI
Feby Eka Putra.

Pemain sayap Timnas Indonesia U-19, Feby Eka Putra tampil menggila saat Skuat Garuda Nusantara menang telak 9-0 atas Filipina, Kamis (07/09/17) di Thuwunna Stadium. Bermain penuh selama 90 menit, pemain bernomor punggung 14 itu berhasil mencetak tiga gol.

Saat laga belum genap sepuluh menit, Feby Eka Putra telah mencatatkan namanya di papan skor setelah tendangan jarak jauhnya tidak mampu ditepis oleh kiper Filipina, Quincy Julian Kammeraad. Aksi ini juga seakan membungkam 'euforia' sesaat Filipina yang sebelumnya menciptakan peluang berbahaya melalui kaki Mariano Suba yang melepaskan tendangan jarak jauh dan terarah ke pojok kanan gawang Timnas Indonesia.

Aksi Feby tak berhenti di situ, menerima umpan terobosan dari Samuel Simanjuntak pada menit ke-25, Feby kemudian melepaskan umpan kunci yang mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Muhammad Iqbal untuk menambah keunggulan Indonesia menjadi 3-0.

Selanjutnya pada menit ke-37, pergerakan Feby dari sisi kiri pertahanan Filipina kemudian memaksa bek lawan melakukan pelanggaran yang berbuah penalti (Egy Maulana Vikri kemudian mengonversi penalti itu menjadi gol). Puncaknya, Feby akhirnya membuat dua gol tambahan pada menit ke-67 dan 87, di mana tendangannya tak bisa ditepis oleh kiper Filipina.

Bermain full time, catatan statistik menunjukkan kalau Feby layak dinobatkan sebagai Man of The Match pada laga melawan Filipina. Dilansir dari Labbola, pemain asal Sidoarjo, Jawa Timur itu melepaskan tiga shot on target, 2 take on completed, satu assist dan 3 gol.

Sementara itu, berdasarkan catatan Goal.com, Feby mampu menorehkan satu umpan kunci, empat percobaan tembakan, 75 persen untuk akurasi tembakan dan akurasi umpannya mencapai angka 71 persen.

Usai laga, Feby Eka Putra kemudian mempersembahkan kemenangan dan tiga golnya untuk tim, keluarga dan seluruh masyarakat Indonesia yang telah mendukung melalui doa.

"Bersyukur dan senang dengan kemenangan ini, hattrick ini saya persembahkan untuk seluruh tim, keluarga serta pendukung Timnas Indonesia," tutur Feby Eka Putra.

© PSSI
Filipina vs Indonesia Copyright: PSSIPenampilan Feby eka Putra saat lawan Filipina 

Lebih lanjut, Feby juga mengingatkan rekan-rekannya agar tidak cepat berpuas diri. Pasalnya masih ada dua pertandingan sisa di grup B, salah satunya melawan tim kuat, Vietnam. 

"Seluruh pemain bermain luar biasa malam ini namun tetap harus ada perbaikan. Kami jangan berpuas diri dulu, masih ada dua laga di babak penyisihan dan kami akan terus berjuang demi selalu meraih kemenangan. Mohon doa dan dukungan kepada warga Indonesia agar kami bisa meraih juara Piala AFF tahun ini," tutup pemain kelahiran 12 Februari 1999 itu.

1.7K