Kontra Vietnam, Timnas U-19 Bisa Berkaca atas Timnas U-22 di SEA Games 2017

Senin, 11 September 2017 14:36 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Vietnam dalam laga lanjutan Piala AFF U-18 2017, Senin (11/09/17)  di Thuwunna Stadium, Yangon, Myanmar. Laga ini sangat penting bagi keduanya, mengingat siapa yang menang bakal mudah untuk lolos ke fase selanjutnya.

Media Vietnam,  Bongdanet, menganggap bahwa laga kontra Indonesia adalah laga sesungguhnya bagi Vietnam. Ini karena anak asuh Indra Sjafri dianggap sebagai lawan terkuat Vietnam, sebelum bersua tim tangguh lainnya, Myanmar, di partai pamungkas Grup B.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timnas U-19. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTTimnas U-19.

Bagi Egy Maula dkk, laga ini juga sangat penting. Melalui akun Instagramnya, Egy juga sempat meminta segenap dukungannya agar bisa melakoni laga kontra Vietnam dengan baik dan membawa pulang hasil maksimal.

Hal ini tentu mengingatkan kita akan perjuangan Garuda Muda dalam ajang SEA Games 2017 di Malaysia. Kala itu, Evan Dimas dkk berada di satu grup dengan Vietnam di Grup B, dan sukses menyingkirkan Vietnam dan lolos ke fase selanjutnya bersama Thailand. Mungkinkah Indonesia mengulang kesuksesan Timnas U-22?

Pada perhelatan SEA Games 2017 lalu, Timnas U-22 arahan Luis Milla menjadi salah satu penjegal langkah Vietnam U-22 untuk lolos ke partai semifinal. Kala itu, Vietnam masih memimpin klasemen Grup B, sementara Timnas U-22 ada di posisi ketiga di bawah Thailand. Vietnam membutuhkan kemenangan atas Indonesia agar bisa lolos ke semifinal serta menghindari kemungkinan buruk di laga pamungkas kontra Thailand.

Sayangnya, dalam pertandingan tersebut Vietnam hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan Evan Dimas dkk. Sementara di partai pamungkas, Vietnam hancur lebur tiga gol tanpa balas atas Thailand, sekaligus memupuskan asa mereka untuk lolos ke fase semifinal.

© Indosport.com
Saddil Ramdani dan Ezra Walian Copyright: Indosport.comSaddil Ramdani dan Ezra Walian, dua penggawa Timnas U-23.

Saat ini, Timnas U-19 Vietnam juga masih memuncaki klasemen Grup B AFF U-18, sedangkan Egy Maulana Vikri dkk berada di urutan kedua dengan nilai yang sama. Jika berhasil mengalahkan Vietnam maka Timnas U-18 akan menjadi pemuncak klasemen.

Walau begitu, anak asuh Indra Sjafri wajib mewaspadai permainan Vietnam U-19 yang dinilai lebih baik dibandingkan dengan Timnas Senior mereka. Pasalnya, Vietnam U-19 berhasil mencatatkan sejarah dengan melaju ke putaran final Piala Dunia U-20 tahun ini di Korea Selatan.

Raihan Vietnam U-19 untuk berlaga di kompetisi elite FIFA tersebut menjadi catatan tersendiri, mengingat tim senior mereka belum pernah sekalipun melaju ke Piala Dunia.

281