Dibantai Timnas Indonesia U-19, Pelatih Brunei Mengaku Tetap Bahagia

Jumat, 15 September 2017 00:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Timnas Brunei U-19 harus menutup gelaran Piala AFF U-18 tahun ini dengan kekalahan menyakitkan setelah dibantai Timnas Indonesia U-19 dengan skor 0-8 pada laga terakhir grup B, Rabu (13/09/17) kemari.

Meski demikian, pelatih Brunie, Fujiwara Takao mengaku tetap bahagia. Pernyataan pelatih Timnas Brunei asal Jepang itu memang membuat setiap orang yang mendengarnya tentu mengerutkan dahi.

Akan tetapi, Fujiwara Takao mengatakan hal itu bukan tanpa alasan. Ia menjelaskan kalau dirinya tetap bahagia lantaran tim asuhannya mampu meraih tiga poin di babak penyisihan grup B.

© JFA
Pelatih Timnas Brunei, Takao Fujiwara membangun skuat dengan susah payah. Copyright: JFAPelatih Timnas Brunei, Takao Fujiwara..

"Maaf, pertandingan berakhir dengan skor yang besar (kalah dari Indonesia). Kami harus lebih mengembangkan lagi skil individu pemain, serta kami harus respek ke negara lain," ujar Fujiwara Takao seperti dilansir dari Goal.

"Tapi saya apresiasi kepada anak-anak bisa membawa pulang tiga poin dari turnamen ini," sambungnya.

Tiga poin yang diraih Brunei didapatkan saat menang atas Filipina, skor 3-2, pada laga perdana. Hasil itu tentu menjadi pengalaman yang bagus mengingat Brunei tidak memiliki skuat yang mapan untuk bersaing grup B.

Sementara mengenai kekalahan 0-8 dari Indonesia, Fujiwara Takao mengakui tim asuhannya memang kalah kelas. Namun, ia tetap menghargai usaha dan kerja keras pemain Brunei di babak kedua dengan tidak kebobolan banyak gol.

"Sebagaimana Anda ketahui, Indonesia lebih kuat dari tim kami. Sebelumnya di awal strategi kami ingin bertarung habis-habisan dan harus melakukan pressing ketat ke pemain Indonesia," kata Takao dalam jumpa pers.

© PSSI
Asnawi Bahar (Timnas Indonesia U-19) mendapat kawalan ketat dari dua pemain Brunei Darussalam. Copyright: PSSIAsnawi Bahar (Timnas Indonesia U-19) mendapat kawalan ketat dari dua pemain Brunei Darussalam.

"Tapi di babak pertama, kami kesulitan. Sementara di babak kedua, kami bisa sedikit lebih baik serta membuat beberapa peluang. Namun kami juga harus lebih fokus lagi di pertahanan," tutup pelatih asal Jepang tersebut.

Sementara itu, kemenangan telak Indonesia atas Brunei juga memudahkan langkah Skuat Garuda Nusantara ke babak semifinal tanpa harus menunggu laga Myanmar vs Vietnam yang berlangsung belakangan pada Rabu (12/09/17) malam.

Di babak semifinal, Indonesia sudah ditunggu runner up grup B yang diwakili oleh Thailand. Kedua tim akan bertemu pada Jumat (15/09/17) sore. Untuk itu pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri mengaku telah menyiapkan strategi untuk memulangkan lawan lebih awal.

2.6K