Kualifikasi Piala AFC U-16

Rendy Juliansyah Kemungkinan Tinggalkan Lini Serang Timnas U-16 di Kualifikasi Piala Asia

Sabtu, 16 September 2017 14:11 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© Dewo/PSSI
Fakhri Husaini saat menyusun formasin bersama dua pemain Timnas U-16. Copyright: © Dewo/PSSI
Fakhri Husaini saat menyusun formasin bersama dua pemain Timnas U-16.

Kemungkinan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 yang akan menggunakan formasi satu striker di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 membawa korban. Dua penyerang yang dimiliki Garuda Asia, julukan Timnas U-16, Bagus Kahfi dan Rendy Juliansyah akan memperebutkan satu slot di lini depan.

Bagus diperkirakan bakal menjadi ujung tombak utama Garuda Asia. Lantas, mungkinkah Rendy akan menjadi pemain cadangan?

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Potret Timnas U-16 sebelum berangkat ke Thailand untuk jalan kualifikasi Piala AFC U-16. Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTPotret Timnas U-16 sebelum berangkat ke Thailand untuk jalan kualifikasi Piala AFC U-16.

Pada pertandingan uji coba terakhir melawan Kabomania FC sebelum bertolak ke Bangkok, Thailand, tempat berlangsungnya Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2018, Rendy menjalankan peran yang berbeda. Pengidola Persija Jakarta ini lebih banyak terlibat dalam permainan di lini tengah. 

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Stiker Timnas Indonesia U-16, Bagus Kahfi. Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTStriker Timnas Indonesia U-16, Bagus Kahfi.

Rendy ditengarai akan mundur sedikit lebih ke belakang dari posisi aslinya. Yaitu, menjadi seorang gelandang serang. 

“Kata pelatih, dia ingin saya lebih terlibat di permainan. Jadi gelandang, mungkin posisi yang pas untuk saya. Pelatih bilang perubahan posisi dari striker ke gelandang tidak terlalu sulit. Bedanya, kalau striker dapat bola bisa langsung shooting, kalau gelandang oper bola dulu ke striker,” ucap Rendy.

© Instagram@rendyjuliansyah
Rendy Juliansyah Copyright: Instagram@rendyjuliansyahRendy Juliansyah (paling kiri) saat mendengarkan instruksi Fakhri Husaini.

Pesepakbola kelahiran Tangerang, 22 Juli 2002 itu tidak masalah mengalami perubahan posisi. Mengingat, dirinya juga sering melakoni posisi sebagai gelandang di timnya saat ini, SSB ASIOP Apacinti.

“Saya sih nyaman saja. Tapi sudah biasa di ASIOP di gelandang, jadi biasa saja,” ungkap Rendy. 

Belum fitnya gelandang serang Hamsa Lestaluhu dan semakin moncernya Bagus di lini depan semakin memperkuat indikasi Rendy akan bermain sebagai gelandang. Tinggal diihat saat Timnas U-16 melakoni pertandingan pertama di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 melawan Kepulauan Mariana Utara, Sabtu (16/09/17) di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand. 

826