Jelang Kualifikasi Piala Asia, Timnas U-16 Belajar dari Kegagalan di Piala AFF

Sabtu, 16 September 2017 13:31 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Potret Timnas U-16 sebelum berangkat ke Thailand untuk jalan kualifikasi Piala AFC U-16. Copyright: © Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Potret Timnas U-16 sebelum berangkat ke Thailand untuk jalan kualifikasi Piala AFC U-16.

Kegagalan di Piala AFF U-15 2017 menjadi pembelajaran berharga untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16. Sebentar lagi, kesebelasan berjuluk Garuda Asia itu akan memainkan pertandingan perdananya di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018.

Timnas U-16 kala itu hancur lebur di Piala AFF U-15 2017 yang diadakan di Thailand. Garuda Asia terpuruk di peringkat kelima dari enam peserta di Grup A, dengan hanya mengoleksi empat poin saja.

Menyongsong turnamen selanjutnya, kekuatan Timnas U-16 telah berbeda. Sebab, pelatih Fakhri Husaini pun terus menggenjot pemusatan latihan untuk anak asuhannya.

“Sudah siap, sudah banyak latihan diulang terus sampai bosan. Insha Allah. Lebih cepat tidak hilang bola, lebih berani pegang bola, demam panggung sudah tidak ada. Insha Allah sudah belajar dari Piala AFF U-15 2017 lalu,” ucap penyerang Timnas U-16, Rendy Juliansyah.

Rekan Rendy di lini depan Timnas, Bagus Kahfi pun memiliki pandangan yang serupa. Menurutnya, target utama Garuda Asia adalah lolos ke putaran final Piala Asia U-16 pada tahun depan.

© Instagram@rendyjuliansyah
Rendy Juliansyah Copyright: Instagram@rendyjuliansyahRendy Juliansyah, penyerang Timnas Indonesia U-16.

“Saya persiapan sudah matang. Kita kompak. Target di sana bisa lolos kualifikasi dan teman-teman punya semangat yang tinggi,” kata Bagus.

Timnas U-16 akan melakoni pertandingan pertama di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 Grup G melawan Kepulauan Mariana Utara, Sabtu (16/09/17) di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand. Partai itu berlangsung pada pukul 19:30 WIB.

411