Serie A Italia

Nyaris Tumbang, Pelatih Inter Milan Bela Penalti Kontroversial

Rabu, 20 September 2017 10:57 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Rizky Pratama Putra
© getty images
Luciano Spalletti, pelatih Inter Milan. Copyright: © getty images
Luciano Spalletti, pelatih Inter Milan.

Kemenangan 4 kali berturut-turut Inter Milan di Seri A Liga Italia akhirnya berhasil dihentikan oleh Bologna. Anak asuhan Luciano Spaletti i itu berhasil ditahan imbang oleh Rodrigo Palacio dkk dengan skor 1-1 di stadion Renato Dall Ara, Rabu (20/09/17).

Simone Verdi berhasil membawa Bologna unggul lebih dahulu setelah berhasil melepaskan tendangan keras kaki kiri dari luar kota Penalti pada menit ke-31. Bola melesat ke sisi kiri gawang dan tak bisa dihalau oleh kiper Inter Milan, Samir Handanovic. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

© Internet
Caption Copyright: InternetSimoene Verdi, pemain Bologna.

Memasuki babak kedua, pertandingan tetap berjalan menarik karena kedua tim saling jual beli serangan. Bologna bahkan unggul dalam jumlah tendangan ke gawang. Memasuki menit ke 74, terjadi insiden yang menyebabkan penyerang Inter Milan, Eder jatuh di dalam area terlarang. Wasit pun kemudian memberikan hadiah tendangan penalti.

© inter
Mauro Icardi melakukan selebrasi usai cetak gol pembuka melawan SPAL. Copyright: interMauro Icardi , pemain Inter Milan.

Keputusan itu mendapatkan protes dari para pemain Bologna. Pasalnya, para pemain Bologna merasa bahwa Ibrahima Mbaye terpeleset saat mengantisipasi bola hingga akhirnya menyenggol Eder. Namun, protes mereka tetap tidak mengubah keputusan wasit. Mauro Iccardi akhirnya sukses mengeksekusi tendangan penaliti pada menit ke 76.

Menanggapi masalah tersebut, pasca pertandingan baik  pemain maupun pelatih Inter Milan ikut angkat bicara. Dikutip dari Fooball-Italia, Eder yang menjadi dalang hadiah penalti Inter mengatakan bahwa Mbaye telah mengenggol kakinya.

" Dia telah menyentuh pergelangan saya," ujar Eder.

© INDOSPORT
Luciano Spalletti merasa kecewa dengan permainan tim besutannya, Inter Milan saat melawan Chelsea. Copyright: INDOSPORTLuciano Spalletti merasa kecewa dengan permainan Inter Milan.

Sementara itu pelatih Inter Milan Luciano Spaletti juga memberikan pernyataan mengenai insiden tersebut. Mantan pembesut AS Roma ini mengatakan bahwa Inter layak mendapatkan penalti tersebut.

"Saya pikir terlalu berlebihan jika ada yang mengatakan bahwa Bologna telah dirampok. Jika mereka menang sekalipun kami pun tak akan mengeluh. Saya kira tak ada kontroversi apapun saat kami berhasil menyamakan kedudukan. Kami bahkan punya peluang untuk memenangkan pertandingan sayangnya tak berhasil kami manfaatkan."

Hasil imbang ini tidak mengubah posisi Inter Milan di klasemen. Mereka berada di posisi teratas dengan nilai 13 hasil 4 kali menang dan 1 kali seri.

244