Kualifikasi Piala Asia U-16 2018

Hampir Pasti ke Piala Asia, Fakhri Beberkan Rahasia Timnas U-16 Permalukan Thailand

Rabu, 20 September 2017 23:41 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Thailand dengan skor 1-0. Copyright: © PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Thailand dengan skor 1-0.

Keberhasilan mempermalukan tuan rumah Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 sangat disyukuri oleh pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16, Fakhri Husaini. Pasalnya, kemenangan itu sekaligus memantapkan peluang Garuda Asia, julukan Timnas U-16, untuk bisa lolos ke putaran final pada tahun depan.

Garuda Asia berhasil mengalahkan Thailand dengan skor tipis 1-0, Rabu (20/09/17) di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand. Amanar Abdillah menjadi pahlawan Timnas U-16 berkat gol semata wayangnya di menit ke-20.

Selepas pertandingan, Fakhri membeberkan rahasia keberhasilan Timnas U-16 menumbangkan Thailand di depan publiknya sendiri. Menurutnya, dua faktor menjadi kunci utama kemenangan Garuda Asia.

“Kami memang mengandalkan serangan balik karena kami tahu kami memiliki pemain yang memiliki kecepatan. Karena juga pemain Thailand meninggalkan banyak lubang di pertahanan mereka. Jadi kita manfaatkan hal itu,” ucap Fakhri dalam rilis yang diterima INDOSPORT, Rabu (20/09/17).

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fachry Husaini. Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTPelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini.

“Tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama yang datang langsung menyaksikan kami bermain di Stadion Rajamangala. Dukungan mereka sangat berarti bagi tim saya,” kata arsitek berusia 52 tahun tersebut.

Atas hasil ini, Timnas U-16 semakin kokoh di puncak klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 dengan torehan sembilan angka. Rendy Juliansyah dan kolega berhasil meraup poin sempurna dari tiga pertandingan yang sudah dijalani. Garuda Asia tinggal menyisakan satu pertandingan melawan Laos pada 22 September 2017 mendatang.

© PSSI
Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Thailand U-16. Copyright: PSSITimnas Indonesia U-16 vs Timnas Thailand U-16.

Garuda Asia unggul enam angka dari Thailand, Timor Leste dan Laos yang baru memainkan dua pertandingan. Secara hitung-hitungan, posisi Timnas U-16 masih belum aman. Pasalnya, Garuda Asia bisa melorot ke peringkat kedua apabila kalah dari Laos. Sebab, turnamen kali ini menggunakan regulasi head to head lebih dulu untuk memastikan kesebelasan yang lolos ke putaran final.

Sedangkan yang akan melangkah otomatis ke Piala Asia U-16 2018 adalah sepuluh tim berstatus juara grup serta lima runner up terbaik. Untuk itu, Garuda Asia harus menyelesaikan babak kualifikasi ini dengan gaya. Mengalahkan Laos untuk menjadi juara grup serta lolos dengan meyakinkan ke puatan final tahun depan di Malaysia.

3.9K